Ai Terjun Otak Kokok yang Bermanfaat

air terjun jobenSudah mengunjungi Si Air Terjun Jeruk Manis bukan? Selanjutnya anda bisa mengunjungi air terjun yang berada di Desa Tetebatu yang berada tak jauh dari Air Terjun Jeruk Manis, yakni Air Terjun Joben atau yang lebih terkenal dengan nama Air Terjun Otak Kokok. Jika anda menggunakan paket wisata ke Lombok, tujuan ke air terjun ini dijadikan satu dengan kunjungan ke Air Terjun Jeruk Manis. Air Terjun Otak Kokok tidak hanya menawarkan pemandangan indah khas kaki Gunung Rinjani, namun air terjunnya juga dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan. Hal ini pula yang menjadikan kawasan Air Terjun Otak Kokok kerap dikunjungi masyarakat sekitar Lombok. Bagi mereka yang berasal dari luar Lombok mungkin belum terlalu mengenal kawasan air terjun ini. Jadi, ketika anda di Lombok, jangan lupa untuk mengunjungi air terjun ini dan melihat keindahan serta merasakan manfaatnya.

pintu masuk air terjun jobenAir Terjun Otak Kokok berada di Terletak di Desa Montong Betok, Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur. Air terjun ini berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Rinjani dan berjarak sekitar 50 km dari arah timur Kota Mataram. Jika anda menggunakan kendaraan bermotor, baik roda dua ataupun roda empat dari Kota Mataram, hanya membutuhkan waktu kurang lebih setengah jam perjalanan. Anda yang datang dari arah Lombk Tengah ataupun Lombok Timur bisa mengambil arah menuju Sumbawa menuju Paok Motong. Dari sana terdapat penunjuk jalan bertuliskan Otak Kokok yang menunjuk arah belok kiri. Meski jalan menuju air terjun cukup menanjak, namun anda tidak perlu khawatir karena akses jalannya telah diaspal dengan cukup baik.

Perjalanan-Air-Terjun-Otak-Kokok-JobenNama Joben pada air terjun setinggi 5 meter ini berasal dari nama daerah lokasi air terjun tersebut berada. Sementara Otak Kokok berasal dari bahasa suku sasak, yakni otak yang berarti kepala dan kokok yang berarti sungai, sehingga jika di satunya bisa berarti sumber air atau hulu sungai. Jadi nama Air Terjun Otak Kokok berarti air terjun yang ada di kawasan ini merupakan air terjun alami karena berasal dari kawasan Gunung Rinjani. Pemandangan alam yang ditawarkan pun masih alami khas kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Meski demikian, kawasan ini juga telah berbenah dengan membangun sejumlah fasilitas wisata sehingga pantas menjadi obyek wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Kolam-renang-Air-Terjun-Otak-Kokok-JobenSelain kolam yang berada di bawah air terjun, di sekitar kawasan air terjun juga dibangun kolam renang, baik untuk dewasa maupun anak-anak. Kolam untuk anak-anak dibuat lebih kecil dan dangkal sehingga usia berapa pun mereka cukup aman bermain di sana. Air yang ada di kolam tersebut juga cukup segar dan dingin, khas suasana air terjun. Dari masing-masing kolam tersebut anda bisa melihat keindahan alami pemandangan di sekitarnya. Lokasi air terjun dengan kedua kolam tersebut tak terlalu jauh dan berada di sebelah kanan dari pintu masuk ke kolam renang. Air terjun ini memiliki dua pancuran, dengan kekuatan yang berbeda pada masing-masing deras alirannya. Yang paling diminati wisatawan, tentu saja air terjun dengan lairan yang cukup deras dengan kolam di bawahnya.

Air-Terjun-Otak-Kokok-JobenKeunikan Air Terjun Otak Kokok bukan hanya dengan adanya dua aliran air terjun, namun juga karena air terjun ini dipercaya  masyarakat setempat memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Kepercayaan ini telah berlangsung lama sejak ditemukannya air terjun tersebut. Diagnosa adanya penyakit dalam tubuh anda bisa diketahui jika air yang mengenai tubuh anda berubah warna menjadi seputih susu, maka terdapat penyakit dalam tubuh anda. Jika anda terus membilas tubuh anda dengan air terjun tersebut maka penyakit yang ada di tubuh anda akan menghilang dengan sendirinya. Keunikan yang kedua dari air terjun ini adalah aliran Air Terjun Otak Kokok keluar dari akar pohon banjur yang telah berumur ratusan tahun. Tak heran jika Air Terjun Otak Kokok terasa sangat dingin.

air-terjun-joben-otak-kokokSelain keberadaan kolam buatan, di sekitar Air Terjun Otak Kokok juga dibangun sejumlah gazebo yang bisa anda manfaatkan untuk beristirahat. Tak jauh dari gazebo terserbut banyak dijumpapi penjual makanan dan minuman yang bisa anda manfaatkan untuk mengisi perut seusai berenang di kolam. Karena masih belum ada regulasi yang mengatur tata kelola seputar tempat wisata Air Terjun Otak Kokok, banyak dijumpai pedagang kaki lima yang bebas keluar masuk ke dalam kawasan wisata tersebut. Selain itu, kesadaran pengunjung di sana untuk menjaga keaslian dan kealamian kawasan tersebut masih kurang sehingga masih banyak dijumpai sampah yang berserakan meski telah disediakan tempat sampah. Sayang sekali ya, jadi jika anda ke sana tolong jaga kebersihannya ya.

Air Terjun Otak Kokok juga telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang lain yang akan memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. Tersedia kamar ganti dan toilet untuk anda membasuh diri usai bermain di kolam ataupun air terjun. Ada pula penyewaan pelampung dan pakaian renang di sini. Area parkirnya juga cukup luas sehingga anda bisa tenang memarkir kendaraan anda. Untuk masuk ke kawasan ini anda hanya akan dikenai tiket masuk sebesar Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak. Agar lebih tenang dan nyaman perjalanan anda ke Air Terjun Otak Kokok dan sejumlah tempat wisata di Lombok lainnya, anda bisa menggunakan paket wisata ke Lombok yang akan membantu anda merencakan perjalanan wisata anda mulai dari tujuan wisata, akomodasi, hingga transportasi. Yuk nikmati long weekend di Lombok 🙂

Refrensi:

  • http://berwisata.co.id/kolam-renang-di-tengah-hutan-kolam-renang-dan-air-terjun-otak-kokok-joben/
  • http://www.telusurindonesia.com/air-terjun-joben.html

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *