Air Terjun Benang Kelambu, Indah dan Membuat Awet Muda

air terjun benang kelambuPulau Lombok menawarkan sejumlah tempat yang tak hanya indah namun juga alami dan pastinya akan mengundang decak kagum siapa saja yang melihatnya. Nah, jika anda pecinta wisata alam, terutama wisata air terjun, Lombok menawarkan satu lagi wisata air terjun yang cukup menakjubkan, yakni Air Terjun Benang Kelambu. Air terjun ini berada di kawasan Lombok Tengah, tepatnya di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Batu Keliang Utara. Air Terjun Benang Kelambu merupakan hulu air dari Air Terjun Benang Stokel. Jadi dalam satu tempat, anda bisa menemukan dua lokasi air terjun sekaligus dengan pemandangan yang sama-sama menakjubkan. Lokasi Air Terjun Benang Kelambu yang berada di kaki Gunung Rinjani membuat air tersebut bersumber langsung dari Danau Segara Anakan.

air terjun benang stokelKarena lokasinya yang di hulu, maka sebelum sampai di Air Terjun Benang Kelambu, anda akan menjumpai Air Terjun Benang Stokel terlebih dahulu. Dari Air Terjun Benang Stokel dilanjutkan dengan menaiki anak tangga sepanjang 500 meter sebelum kemudian memasuki jalan setapak sepanjang 50 meter. Anda perlu untuk berhati-hati kala melintasi jalan setapak ini dimana kondisi jalannya rusak dan cukup terjal, bahkan cenderung licin di musim penghujan. Jalan setapak tersebut mengarah menuju hutan tropis dengan jalur naik-turun dan berliku sepanjang 1 km. Anda tidak akan merasa lelah karena di sepanjang perjalanan anda akan dihibur dengan pemandangan alam yang indah dan juga kicau burung serta suara sejumlah hewan hutan lainnya yang saling bersahutan dan membentuk suara harmoni alam yang merdu. Ketika sampai di lokasi Air Terjun Benang Kelambu rasa penat anda semakin menghilang karena takjub dengan pemandangan yang anda temui.

air terjun benang kelambu1Nama Air Terjun Benang Kelambu berasal dari penampakan air terjun ini dimana airnya tidak mengalir langsung, namun justru mengalir dari celah-celah pohon gambung yang rindang. Ada enam deret titik curah sehingga nampak seperti kelambu tipis yang lembut. Suara jatuhnya air terjun pun tak terdengar bising, yang semakin menambah ketenangan di sekitar air terjun. Ada dua kelompok air terjun di Air Terjun Benang Kelambu dimana kelompok pertama berada di sisi kiri dari undakan. Ada dua terjunan di kelompok pertama ini. Sementara di kelompok kedua, yang berada tepat di depan undakan, terdapat empat terjunan air dan merupakan air terjun yang utama. Keseluruhan tinggi Air Terjun Benang Kelambu mencapai 40 km dimana terdapat dua hingga tingga tinggakatan dengan tinggi tinggi tingkat teratas mencapai 30 km. Air-air yang melintas di celah-celah pohon gambung jatuh di atas tiga susunan batu berbenuk ceper yang ada di tingkat kedua sebelum akhirnya jatuh ke kolam. Hantaman airnya pun tak terlalukeras dann tak menimbulkan suara yang bising.

AT-Benang-Kelambu-612Jika anda ingin menikmati segarnya Air Terjun Benang Kelambu, anda bisa berenang di kolamnya yang luas. Suasana yang sejuk dan tenang membuat Air Terjun Benang Kelambu menjadi tempat yang pas untuk menenangkan diri dan “menyepi” dari segala rutinitas yang membuat penat tubuh dan pikiran. Mandi di dalam kolam Air Terjun Benang Kelambu tidak hanya segar namun oleh penduduk sekitar juga bisa membuat awet muda. Jadi kalau anda ingin awet muda mandi aja di Air Terjun Benang Kelambu 😉

Refrensi:

http://www.1001wisata.com/indahnya-air-terjun-benang-kelambu/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *