Berburu Souvenir Khas Lombok Di Pasar Cakranegara

pasar cakranegaraPulang berwisata tanpa membawa oleh-oleh memang kurang pas. Ada banyak tempat di Lombok yang bisa anda gunakan untuk mencari berbagai souvenir khas daerah ini. Selain desa-desa yang menjadi sentra kerajinan di Lombok ataupun sejumlah pedagang souvenir di sekitar lokasi wisata, Lombok juga memiliki sejumlah pasar yang bisa anda gunakan untuk berbelanja oleh-oleh, seperti Pasar Sukawati yang ada di Bali. Salah satunya adalah Pasar Cakranegara. Pasar ini bisa dibilang sebagai pusat oleh-oleh khas Lombok. Berbagai souvenir khas Lombok bisa anda temukan di sini, mulai dari kaos, beragam cinderamata, termasuk berbagai sajian kuliner khas Lombok juga tersedia. Pasar Cakranegara bisa anda jadikan sebagai alternatif utama untuk berburu oleh-oleh khas Lombok.

SONY DSCPasar Cakranegara berada di Jalan Selaparang, Mataram. Kawasan ini memang dijadikan sebagai sentra perdagangan dan jasa yang berskala nasional dan internasional oleh pemerintah setempat. Pasar Cakranegara telah ada sejak tahun 1987 dan semakin berkembang sejak satu tahun berdirinya. Dahulunya pasar ini dikelola bersama-sama antara pemerintah dan pengembang. Namun kini Pasar Cakranegara telah menjadi milik pemerintah secara utuh. Sebagaimana Pasar Sukawati di Bali, Pasar Cakranegara termasuk jenis pasar tradisional sehingga anda bebas menawar harga di sini. Meski harga yang ditawarkan sudah cukup murah, namun tak ada salahnya untuk mendapatkan harga yang jauh lebih terjangkau 🙂 Di pasar ini anda bisa menemuka beragam kebutuhan dan souvenir. Namun secara umum, Pasar Cakranegara menyediakan souvenir seperti:

Mutara-Asli-Lombok1. Mutiara

Lombok memang dikenal sebagai penghasil mutiara. Salah satu desa di Lombok, Desa Sekarbela, menjadi sentra penghasil mutiara. Berbagai toko di desa tersebut memajang perhiasan mutiara dan berbagai kreasi seni ukir mutiara. Jika anda tidak sempat mendatangi desa ini, Pasar Cakranegara menjadi tempat yang pas untuk berbelanja beraneka perhiasan mutiara tersebut. Harga yang ditawarkan cukup bervariasi tergantung dari besar mutiara dan rumitnya perhiasan. Anda bisa bertanya kepada penjual mengenai kualitas dan keaslian yang akan anda beli. Lebih baik lagi jika anda tidak terburu-buru dan berkeliling ke sejumlah toko untuk melihat kualitas mutiara dan mendapatkan harga termurah. Jangan ragu untuk menawar dan berhati-hati dengan pedagang asongan yang menjual mutiara karena biasanya mutiara yang dijual adalah palsu.

kain tenun lombok2. Kain Lombok

Kualitas kain tenun Lombok memang tidak diragukan lagi. Corak dan warnanya yang khas, serta pembuatannya yang masih tradisional menjadikan kain tenun Lombok begitu eksklusif. Hampir setiap perempuan di Lombok diharapkan bisa menenun. Tak heran jika sejumlah desa di Lombok menjadi sentra kerajinan kain tenun Lombok, seperti Desa Sukarara, Pringgasela, dan Dusun Sade. Namun anda tidak perlu mengelilingi semua desa tersebut karena anda juga bisa mendapatkan kain tenun Lombok di Pasar Cakranegara. Harga yang ditawarkan mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Anda hanya perlu pintar-pintar menawar untuk mendapatkan kain dengan kualitas yang baik namun dengan harga rendah.

manisan lombok3. Makanan

Puas berkeliling pasar dan mendapatkan sejumlah kerajinan khas Lombok, kini waktunya anda untuk mencari kuliner khas pulau ini. Beragam olahan rumput laut, mulai dari manisan hingga dodol bisa anda jumpai Pasar Cakranegara. Manisan rumput laut khas Lombok ini cukup unik karena memiliki bentuk seperti permen dan memiliki varian rasa buah. Sedang dodolnya dibuat dengan aneka rasa sayuran. Ada pula ting-ting kacang mete, madu Sumbawa, dan yang lainnya.

Berkunjung ke Pasar Cakranegara akan menghemat waktu anda untuk mendapatkan beragam sajian khas Lombok. Dengan paket tour ke Lombok, anda tidak perlu takut untuk melewatkan destinasi belanja ini karena sejumlah provider pasti memasukkan pasar ini sebagai bagian wisata ke Lombok.

Refrensi:

http://lombok.panduanwisata.id/oleh-oleh/oleh-oleh-dan-souvenir-khas-lombok/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *