Berpetualang Ekstrim Di Teluk Belongas

diving-ekstrem-di-teluk-belongas-lombokAnda termasuk pecinta diving? Jika memang iya, jangan lewatkan untuk bertandang ke Teluk Belongas atau Pantai Belongas kala anda berkunjung ke Lombok. Dengan kealamian alam yang ditawarkan Lombok, anda pun akan mendapatkan pemandangan alam bawah laut yang menakjubkan di pantai ini. Bukan hanya sekedar cantik dan mengagumkan namun juga unik dan akan memacu adrenalin anda. Diving di pantai ini anda akan ditantang dengan keberadaan sejumlah binatang laut yang masuk dalam kategoti buas. Ada kawanan hiu, mulai dari hiu sirip hitam, hiu martil, hiu sirip putih, dan hiu karang. Ada pula ular laut dan barakuda. Tentunya menyelam di Teluk Belongas akan memberikan pengalaman tersendiri dan perasaan dag-dig-dug luar biasa serta keekstraan hati-hati kala bertemu dengan binatang-binatang tersebut. Tak heran jika spot diving di Teluk Belongas masuk dalam spot diving terekstrim di Indonesia.

teluk belongasPetualangan menjelajahi Teluk Belongas telah dimulai kala anda menuju ke lokasi pantai yang berjarak 50 km dari Mataram. Maklum, lokasi pantai ini cukup tersembunyi dan jauh dari lokasi wisata di Lombok lainnya. Pantai ini bisa anda jangakau dalam waktu 3 jam jika anda menggunakan kendaraan pribadi. Untuk rutenya anda bisa menggunakan Mataram-Cakranegara-Banyumulek-Gerung-Lembar-Sekotong Tengah-Belongas. Kendaraan umum sangat terbatas di sini sehingga transportasi yang bisa dipilih hanyalah kendaraan pribadi ataupun menyewa. Sementara untuk akses jalannya sendiri juga tidak terlalu bagus sehingga anda perlu  bersusah payah untuk menjangkau pantai yang diapit dengan dua bukit ini. Tenaga anda semakin ditantang kala anda harus menuruni bukit dengan berjalan kaki selama 15 menit demi bisa mencapai garis pantainya. Namun kala anda melihat pemandangan yang ditawarkan, separuh petualangan anda telah terbayar.

belongas-lombokPemandangan hijau dua bukit yang mengapitnya akan memberikan kesegaran kala anda memandang. Bahkan dari atas bukit-bukit ini pun anda bisa menikmati pemandangan Teluk Belongas secara keseluruhan. Pasir putihnya yang lembut akan menyambut anda begitu tiba di garis pantainya. Sejumlah bangunan yang berada di bawah pohon kelapa bisa anda gunakan untuk beristirahat. Air lautnya yang tenang dan jernih cukup menggoda untuk dijelajahi. Petualangan di  Teluk Belongas semakin berlanjut dengan lokasi pantai yang terkenal dengan spot diving dan snorkelingnya. Arus bawah lautnya yang cukup kuat akan menatang kemampuan anda dalam menyelam. Jika memang anda masih pemula, sebaiknya tak terlalu dalam kala menyelam dan minta didapingi orang yang sudah mahir. Karenanya kebanyakan penyelam di bawah pantai ini merupakan penyelam profesional.

ular laut teluk belongasPetualangan anda akan terbayar lunas kala anda sudah berada di  perairan bawah lautnya dan melihat pemandangan kehidupan bawah laut yang menakjubkan. Sejumlah ikan berwarna-warni nampak bermain dengan bebas di balik terumbu karang aneka warna. Jika anda ingin melanjutkan petualangan, anda harus menepuh perjalanan selama 5 jam dari Teluk Belongas dan melewati Gili Wayang. Ada beberapa spot diving ekstrim yang bisa anda jelajahi, seperti “The Magnet” yang memiliki kedalaman sekitar 80 meter dengan arus yang sangat kencang. Bahkan sejak kedalaman 15 meter arus akan semakin kencang. Sementara di kedalaman 20 hingga 25 meter penyelam baru bisa bertemu dengan aneka hiu. Spot diving yang kedua adalah “The Cathedral” yang berada di sisi timur Belongas dan berdekatan Gili Anak Ewo. Tak hanya sekawanan hiu yang bisa dijumpai di sini namun juga barakuda, kawanan pari dan ular laut. Jadi buat anda yang mengaku petualang, jangan menyebut diri sebagai petualang yang sejati sebelum diving ke Teluk Belongas, 😉

teluk belongasPuas diving anda bisa melihat budidaya mutiara di tepi pantai. Mutiara-mutiara di pantai Belongas ini tak kalah kualitasnya dengan mutiara Jepang. Kala sore hari anda bisa menikmati pemandangan matahari terbenam sambil memancing dengan para nelayan sekitar Pantai Belongas. Dan akhiri petualangan anda di Teluk Belongas dengan menikmati berbagai kuliner enak yang ditawarkan oleh sejumlah warung makan yang ada di tepi pantai. Happy Holiday and Happy Adventure 🙂

Refrensi:

  • http://www.talkmen.com/news/read/4059/diving-ekstrem-di-teluk-belongas-lombok/
  • http://id.lombokindonesia.org/teluk-belongas-lombok/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *