Cantiknya Gunung Rinjani

gunung-rinjaniMendaki gunung merupakan aktivitas yang cukup menantang. Apalagi gunung-gunung di Indonesia memiliki beragam keindahan yang seolah menantang setiap orang untuk menaklukannya. Salah satunya adalah Gunung Rinjani, gunung berapi tertinggi kedua di Indonsia yang berada di Pulau Lombok. Gunug ini memiliki pemandangan yang begitu cantik dan mampu membius siapa saja yang melihatnya. Tak heran jika gunung ini cukup sering didatangi wisatawan, terutama di bulan Juni hingga Agustus. Selain itu Gunung Rinjani juga memiliki nilai spiritual yang tinggi bagi masyarakat Hindu Bali dan Suku Sasak. Konon Gunung Rinjani dianggap sebagai salah satu dari tiga gunung suci yang ada di Indonesia, selain Gunung Semeru dan Gunung Agung. Ketiga gunung ini disucikan karena dianggap sebagai tempat tinggal para dewa.

ketinggian gunung rinjaniGunung Rinjani terletak di ketinggian 3.726 m dari permukaan laut dan berada di garis lintang 8º 25′ LS dan 116º 28′ BT. Gunung dengan luas mencapai 41.330 Ha dengan perenacanaan tambhahan mencapai 76.000 Ha dari barat ke timur ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Dengan luasnya daerah Gunung Rinjani tak heran jika gunung ini mendominasi daerah Lombok dan berada di tiga kabupaten di Lombok, yakni Lombok Barat, Tengah, dan Timur. Sebuah kaldera besar dengan luas 3.500 m × 4.800 m berada di sebelah barat kerucut Gunung Rinjani dan memanjang dari timur ke barat. Di dalam kalderna ini terdapat danau yang bernama Segara Anakan dengan luas mencapai 11.000.000 m² dan kedalaman 230 m. Danau ini memiliki air terjun yang indah dan mengalir ke jurang curam. Danau ini merupakan lokasi yang pas untuk memancing karena memiliki banyak ikan, seperti ikan mas dan mujaer yang besar.

kemah dekat danau segara anakanNama Segara Anakan berasal dari warna biru pada air laut di danau tersebut. Danau ini juga menjadi tempat yang pas untuk berendam air panas usai melakukan pendakian sembari melihat tingkah lucu para monyet dan melihat sunset. Warna jingga matahari terbenam akan memantul dari birunya air danau. Air panas untuk berendam tersebut bernama Aik Kalak Pengkereman Jembangan dan biasanya menjadi tempat menguji benda-benda bertuah. Danau ini juga menjadi lokasi yang pas untuk berkemah. Anda bisa melihat berbagai destinasi wisata lain di sekitar danau, seperti Hulu Sungai Koko Puteq dan beberapa goa. Ada Goa Susu, Manik, dan Payung.

sunset segara anakanSelain Danau Segara Anakan, Gunung Rinjani masih memiliki danau yang lain yang bernama Segara Endut. Segara Endut berada di bagian selatan Danau Segara Anakan dan di sisi timur Gunung Barujari. Gunung yang sempat meletus pada tahun 1994 ini memiliki ketinggian 2.296-2.376 m dpl dan memiliki kawah seluas 170m x 200 m. Gunung Barujari ini juga meletus kembali pada tahun 2004 dan 2009 yang memakan korban jiwa sebanyak 31 orang karena terjangan banjir bandang sebagai desakan lava ke Segara Anakan yang mengalir ke Sungai Tanggek. Masih ada gunung lain di kawasan Gunung Rinjani yang juga pernah meleetus, yakni Gunung Rombongan. Meski terbilang gunung berapi teraktif kedua tak mengurangi minat wisatawan untuk menikmati keindahan Gunung Rinjani.

sunset gunung rinjaniRata-rata suhu udara di Gunung Rinjani sekitar 20ºC dan terendah 12ºC. Angin kencang biasanya hanya menyapa di bulan Agustus. Pendakian ke Gunung Rinjani biasanya dimulai dari Desa Sebalun Lawang dan berakhir di Desa Senaru. Hal ini dikarenakan rute yang ditawarkan datar meski agak panjang dan panas karena terkena matahari langsung. Selain itu bisa menghemat jalur pendakian hingga ketingian 700 m. Sedangkan jika menempuh jalur yang sebaliknya, ada banyak tanjakan namun dengan suasana yang lebih sejuk karena melalui hutan. Dari kedua start poin ini pemandangan yang menakjubkan sudah menyapa.

Gunung-Rinjani-Surga-Para-PendakiUntuk mencapai puncak Rinjani dibutuhkan usaha yang lumayan keras, harus melalui bibir kawah dengan tingkat keamanan rata-rata dengan medan yang berupa tanah pasir dan batu. Pada ketingian 200 meter yang terakhir, medan beruba batuan kerikil sedikit membuat langkah terperosok. Mendaki Gunung Rinjani tidak dibutuhkan alat bantu. Hanya stamina yang kuat dan kesabaran serta gairah pendaki yang akan menolong anda menuju puncak. Pemandangan dari atas puncak Rinjani akan membayar kerja keras perjalan anda. Anda bisa melihat kemegahan Gunung Agung di Bali, Gunung Raung Banyuwangi dan Gunung Tambora yang berada di Sumbawa. Keindahan matahari terbit juga bisa anda saksikan dari puncak Rinjani. Biar perjalanan anda ke Gunung Rinjani semakin mudah, anda bisa menggunakan paket liburan ke Gunung Rinjani.

Refrensi:

  • http://www.anaklombok.com/taman-nasional-gunung-rinjani.htm
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Rinjani

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *