Eksotisme Pantai Tanjung Bloam

Tanjung Bloam LotimPulau Lombok tak hanya memiliki gili-gili yang indah namun pulau ini juga memiliki sejumlah tanjung yang tak kalah mempesona. Tanjung sendiri merupakan bagian daratan yang menjorok ke laut. Jika pantai memiliki dataran yang cenderung landai dan dihiasi dengan bentang pasir, berbeda dengan tanjung yang justru berupa bebatuan bahkan tak jarang dikelilingi dengan tebing terjal. Meski demikian, tanjung-tanjung yang ada di Lombok memiliki sejumlah pemandangan  yang tak kalah indah dengan pantai-pantai yang landai. Misalnya saja Pantai Tanjung Aan dan Pantai Tanjung Ringgit, tak kalah cantik bukan keduanya. Nah, kini waktunya anda mengunjungi tanjung yang lain, yakni Pantai Tanjung Bloam.

keindahan-tanjung-bloamPantai Tanjung Bloam bertetangga dengan Pantai Tanjung Ringgit. Tak heran jika pantai ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan Pantai Tanjung Ringgit, yakni sama-sama dikelilingi bukit-bukit hijau dan berbatu. Hal ini  membuat Pantai Tanjung Bloam nampak begitu tersembuny dan bukit-bukit ini seolah menjaga keindahan dan kealamian pantai. Pantai Tanjung Bloam diapit dengan dua buah tebing batu cadas yang menjorok ke laut. Tebing-tebing cadas ini nampak tidak beraturan namun justru memberi nilai eksotis pada pantai. Ada pula tebing yang nampak berbentuk seperti bakpao. Bebatuan yang ada di tebing tersebut nampak berwarna kuning dengan dihiasi corak kehitaman. Warna bebatuan ini nampak kontras dengan air lautnya yang berwarna biru kehijauan yang menjadikan Pantai Tanjung Bloam nampak kaya warna.

Tanjung Bloam LombokAnda yang seorang pecinta fotografi bisa mendapatkan beberapa spot menarik untuk menangkap keindahan Pantai Tanjung Bloam secara keseluruhan. Anda bisa menyusuri pesisir pantainya yang berbatu untuk mendapatkan angle yang anda inginkan. Anda juga bisa naik ke atas bukit berbatu yang ada di sekitar pantai untuk bisa menangkan keindahan Pantai Tanjung Bloam secara keseluruhan dalam bidikan kamera. Memang diperlukan upaya keras, namun jangan khawatir karena hasil yang anda terima sebanding dengan usaha anda. Anda bisa mendapatkan bidikan pantai secara keseluruhan dengan latar belakang tebing berbatu yang menakjubkan.

tanjungbloamSelain pesisir yang berbatu, di ujung pantai yang lainnya juga terdapat hamparan pasir putih yang lembut yang bisa anda manfaatkan untuk bersantai sembari menikmati jernihanya air laut yang membiru. Sesekali nampak perahu nelayan yang hilir mudik di sekitar pantai yang menambah keindahan pantai. Kejerniahan dan kealamian Pantai Tanjung Bloam membuat tempat ini menjadi tempat yang nyaman bagi penyu untuk membuat sarang. Tak heran jika kemudian pantai ini menjadi salah satu wilayah konservasi penyu di Lombok. Sayangnya ombak di pantai ini bertipe berarus deras sehingga cukup berbahaya jika ingin berenang di atasnya. Karenanya aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini adalah bersantai dan menikmati keindahan alamnya yang indah. Tapi kalau hanya sekedar  bermain air di tepi pantainya masih bisa anda lakukan.

jeeva-beloamPantai Tanjung Bloam berada di kawasan Jerowaru, Lombok Timur dan berjarak sekitar 2.5 jam perjalanan dari Kota Mataram. Jika anda menginap di Jeeva Beloam Beach Camp anda bisa mendapatkan akses langsung ke Pantai Tanjung Bloam. Namun bagi anda yang tidak menginap di sana, ada akses jalan lain yang bisa anda gunakan. Anda yang pernah mengunjungi Pantai Tanjung Ringgit bisa dengan mudah menemukan Pantai Tanjung Bloam. Sebelum sampai di Tanjung Ringgit, anda tinggal belok ke kanan dan menemukan jalan kecil untuk ke Tanjung Bloam. Jalanan ini cukup gersang dan berdebu dengan pemandangan tandus, terutama kala musim kemarau.

Refrensi:

http://www.wisatadilombok.com/2015/02/pantai-tanjung-bloam-keindahan-alam.html

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *