Empat Oleh-Oleh yang Bikin Inget Lombok Terus

wisatabelanjalombokBerwisata ke Lombok travelers gak hanya disuguhi dengan pemandangan alam yang menakjubkan tapi juga sejumlah kebudayaan yang masih terjaga hingga saat ini. Pengen berlama-lama di Lombok tapi gak ada waktu, tenang aja, ada solusinya kok. Ssebelum pulang dari Lombok jangan lewatin buat berburu oleh-oleh khas Lombok. Jadi tiap kali kangen Lombok travelers tetep punya sesuatu buat mengingatnya. Nah, lima benda ini dijamin bikin travelers senantiasa teringat dengan Lombok. Gak cuma bisa pengingat tapi juga bisa menjadi kenang-kenangan untuk keluarga ataupun rekan yang belum bisa dateng ke Lombok. Cek yuk apa aja yang bisa travelers bawa pulang sebagai pengingat Pulau Lombok.

1. Mutiara Lombok

Mutiara-Air-Laut-LombokBenda yang satu ini memang sudah menjadi ikon nasional Pulau Lombok. Ada dua jenis mutiara yang dihasilkan oleh Lombok, yakni mutiara air laut dan mutiara air tawar. Masing-masing jenis mutiara ini memiliki bentuk dan warna yang berbeda. Jika mutiara air tawar memiliki bentuk budar maka bentuk mutiara air laut lebih berbentuk oval. Warna kedua jenis mutiara ini juga berbeda, tidak hanya berwarna putih. Pada mutiara air darat juga terdapat warna biru, jingga, merah muda, dan kuning. Sementara pada mutiara air laut memiliki warna perak, hitam, dan emas. Masing-masing mutiara ini juga diolah menjadi sejumlah perhiasan nan cantik. Travelers tinggal menyesuaikan budget aja karena kedua jenis mutiara ini memiliki kecantikan masing-masing dengan kualitas yang tak kalah dengan mutiara luar negeri. Jika memang budgetnya tak mencukupi, travelers bisa membeli mutiara mutiara air darat yang harganya lebih murah dibandingkan mutiara air laut. Kalau mau lebih hemat lagi, travelers bisa datang ke Kampung Sekarbela yang menjadi sentra penghasil mutiara di Lombok. Sambil berbelanja bisa belajar mengenai cara perkembangbiakan mutiara langsung dari para ahlinya.

kain tenun lombok2. Kain Tenun Sasak

Selain mutiara, yang khas dari Lombok adalah kain tenunnya. Hampir semua wanita Lombok, terutama suku Sasak memiliki keahlian untuk menenun. Hal ini tak terlepas dari tradisi yang diturunkan secara turun temurun dimana wanita yang telah menginjak dewasa harus belajar untuk menenun. Karena dibuat secara tradisional, jangan heran jika harga kain tenun Sasak cukup mahal. Tapi itu sebanding dengan kualitas kain yang didapatkan. Jika penasaran dengan cara pembuatannya, cobalah untuk mengunjungi Desa Sukarara yang menjadi sentra kerajinan kain tenun sasak. Travelers pun bisa langsung membeli kain tersebut dari para pengerajin.

manisan lombok3. Dodol Rumput Laut

Alam Lombok yang masih alami memang menjadi rumah yang nyaman bagi sejulmlah biota laut, terutama rumput laut yang banyak dikembangbiakkan di sana. Ada banyak olahan rumput laut yang bisa dicoba. Namun untuk oleh-oleh, dodol rumput laut bisa menjadi pilihan. Rasanya yang segar dan manis serta memiliki aneka rasa yang kaya akan warna menjadi daya tarik dari dodol yang terbuat dari tepung rumput laut ini. Salah satu produsen dodol rumput laut yang cukup populer adalah Phoenix Food Lombok yang ada di Jalan A.A. Gde Ngurah, Mataram.

4. Topeng Kayu Desa Labuapi

topeng kayu lombokDesa yang satu ini memang sentra dari kerajinan topeng kayu tanpa ekspresi, bahkan sejak tahun 1995. Bukan hanya topeng kayu namun juga sejumlah kerajinan dari kayu yang lainnya, mulai dari hiasan dinding hingga patung. Kualitas kerajinan kayu dari Desa Labuapi tidak perlu diragukan lagi yang dibuktikna dengan eksistensi mereka yang tetap terjaga meski sempat terkena dampak dari krisis di tahun 1998. Dengan berkunjung ke Desa Labuapi travelers bisa melihat langsung proses pembuatan dari kerajinan kayu tersebut.

Kalau memang gak bisa mengunjungi masing-masing sentra kerajinan tersebut, travelers bisa datang ke Pasar Cakranegara Mataram yang menjadi tempat berbelanja aneka souvenir khas Lombok dengan harga murah. Tapi lebih enak kalo ikut Paket tour lombok kita yang akan ngajak travelers ke semua tempat keren di Lombok.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *