Gili Kapal, Pulau Kecil yang Timbul Tenggelam

Pasir-pantai-gili-kapal-659x439Keindahan pulau-pulau kecil yang ada di Lombok, memang tidak diragukan lagi. Alamnya yang indah dan menakjubkan, serta masih nampak alami menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk bertandang ke sana. Begitu juga dengan pemandangan bawah lautnya yang bagaikan surga. Para biota laut hidup dengan nyaman dan tenang di perairannya yang jernih. Masing-masing gili yang ada di Lombok, meski sama-sama indah dan terjaga kealamiannya, namun tetap memiliki keunikannya sendiri-sendiri. Anda bisa menemukan pengalaman yang berbeda pada masing-masing kunjungan ke gili tersebut, mulai dari larangan adanya kendaraan bermotor, gili terpadat, hingga gili yang paling kecil, yang kesemuanya masih bisa dikunjungi setiap saat. Nah, bayangkan jika gili yang akan ada datangi hanya muncul diwaktu-waktu tertentu. Eits, tapi ini bukan gili berhantu ya, melainkan gili yang bisa timbul tenggelam.

Gili-kapal-tampak-dari-kejauhanGili tersebut bernama Gili Kapal yang berada dalam kelompok empat gili di timur pulau Lombok, yakni daerah Sambelia. Di sekitar Gili Kapal terdapat tiga gili yang lain yakni Gili Petaga, Gili Kondo, dan Gili Bidara. Jika dari Gili Kondo hanya dibutuhkan waktu sekitar 20-30 menit menuju Gili Kapal. Sementara jika dari Kota Mataram, perjalanan yang dibutuhkan memakan waktu yang lebih lama, sekitar 2 hingga 2,5 jam untuk bisa sampai ke Gili Kapal. Gili Kapal tidak ada di peta karena memang kemunculannya hanya diwaktu-waktu tertentu. Karenanya jika anda baru pertama kali ke Lombok, sebaiknya anda ditemani dengan orang lokal atau bertanya kepada mereka tentang keberadaan pulau kecil ini.

surga-gili-kapalNama Gili Kapal berasal dari banyaknya kapal yang menabrak pulau ini lantaran bentuknya yang tak terlihat. Ukuran Gili Kapal memang sangat kecil. Jika diumpamakan, luas pulau ini hanya seukuran sebuah kamar dengan dataran yang setara dengan permukaan air laut. Apalagi jika kondisi air laut sedang pasang yang semakin menutup keseluruhan permukaan pulau. Gili Kapal memang hanya berupa gundukan pasir yang membentuk pulau. Jadi jangan berharap anda bisa menemukan pepohonan di pulau kecil ini untuk berteduh. Anda mungkin bertanya-tanya, lantas apa yang menjadi daya tarik Gili Kapal jika tak ada apa-apa dipermukaannya. Daya tarik Gili Kapal memang tidak terletak di permukaan pulaunya melainkan di alam bawah lautnya. Meski besar pulau ini hanya seluas kamar, namun keindahan alam bawah lautnya seluas lapangan sepak bola. Anda bisa melihat beragam ikan yang tinggal dengan damainya di Gili Kapal. Begitu juga dengan terumbu karang aneka warna yang semakin menambah pesona surga bawah laut Gili Kapal.

Ikan-ikan-kecil-penghuni-gili-kapal-659x494Meski permukaannya kering pemandangan, namun bersantai di atas Gili Kapal bisa anda lakukan. Pasir pantainya jauh dari sampah non-organik, yang ada hanyalah sampah butiran karang yang terbawa ke permukaan. Bagi anda yang pecinta selfie bisa mendapatkan beragam background menarik untuk foto anda yang membuat anda namapk berfoto di studio terbuka. Masing-masing sudut Gili Kapal menawarkan pemandangan yang berbeda. Kala anda berfoto di sisi utara, anda akan mendapatkan background lautan luas, yakni Laut Alas. Sementara di sisi timur foto anda berbackgroundkan Pulau Sumbawa yang lokasinya di bagian barat Gili Kapal. Untuk sisi selatan anda akan mendapatkan background pemandangan Gili Kondo dan Selat Alas. Dan di sisi barat, foto yang anda dapatkan memiliki background lereng Gunung Rinjani sekaligus Gili Pategan.

gili kapalUntuk bisa menemukan pulau kecil yang suka timbul tenggelam ini, and aharus berangkat pagi-pagi karena kemunculan gili hanya di saat air laut sedang surut. Selain itu dengan datang pagi anda bisa melihat air lautnya yang berwarna biru jernih memantulkan cahaya matahari pagi. Ada banyak koral yang bisa anda temukan di sekitar gili yang terdiri dari hard coral dan soft coral. Karenanya jika ingin berenang secara bebas tanpa merusak mereka, ada bagian bernama kolam renang raksasa yang merupakan bagian Gili Kapal bebas koral dan hanya seluas seperempat bagian pulau. Provider yang mengantarkan anda ke gili ini biasanya juga menyewakan peralatan snorkeling dan diving, sehingga anda tidak perlu khawatir jika kelupaan membawanya. Yuk jelajahi Gili Kapal, meski kecil dan sering tenggelam namun pesonanya tak kalah dengan yang luasnya tak terkira 😉

Refrensi:

http://www.1001wisata.com/gili-kapal-yang-timbul-tenggelam/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *