Hutan Pusuk, Rumah Para Monyet

Shutan pusuk lombokudah puas berkeliling Pulau Bali dan menikmati alamnya yang indah? Kini waktunya anda menjelajahi tetangganya, Pulau Lombok. Yap, pulau yang juga dikenal dengan nama Pulau Seribu Masjid ini memiliki keindahan yang tak kalah dengan Bali. Pulau-pulau kecilnya yang disebut menjadi tempat favorit wisatawan, terutama Gili Trawangan yang merupakan gili terbesar di Lombok. Selanjutnya pulau ini juga memiliki pantai yang begitu indah dan masih bersih yang bernama Pantai Kuta. Anda juga bisa menjumpai suku sasak yang merupakan suku asli Lombok yang hingga kini masih bertahan dengan ketradisionalan mereka. Pulau Lombok benar-benar menjadi destinasi yang patut dikunjungi ketika anda telah jenuh dengan suasana Bali.

hutan pusukDan kini untuk melengkapi destinasi wisata anda di Lombok, anda patut mengunjungi Hutan Pusuk. Hutan ini masih memiliki pemandagan hijau dengan pohon-pohon besar yang lebat. Kurang lebih ada sekitar 162 jenis pohon yang ada di hutan dengan luas mencapai 43.550,23 hektar. Udara sejuk dan segar begitu kental di hutan yang masih satu kawasan dengan Gunung Rinjani ini. Keindahan Hutan Pusuk bahkan sudah bisa dilihat dari sisi jalan. Di sekitar hutan juga terdapat banyak tebing dan memiliki beberapa titik untuk melihat keindahan hutan secara menyeluruh. Bukan hanya itu, ada satu tempat di Hutan Pusuk yang bisa anda gunakan untuk melihat keindahan pantai yang berada di Lombok Utara dengan pasirnya yang putih. Tempat tersebut berada di ketinggian 831 meter dari permukaan laur dan bernama Pusuk Pass. Udara khas pegunungan akan segera menyapa begitu anda tiba di sini.

hutan pusuk (1)Hutan yang masuk dalam kawasan hutan lindung ini merupakan tempat tinggal sekawanan monyet ekor panjang atau yang dikenal dengan nama Macaca fascicularis. Tak heran jika suasana hutan begitu dijaga keasariannya. Monyet-monyet hutan ini bahkan kerap menampakkan diri ke pinggir jalan dan mengharapkan lemparan makanan dari pengendara yang lewat. Tingkah laku monyet-monyet ini cukup meningkatkan daya tarik wisatawan yang hendak berlibur ke Lombok Utara ataupun Lombok Barat, karena lokasi hutan yang berada di perbatasan kedua kabupaten tersebut. Monyet-monyet yang ada di sekitar Hutan Pusuk juga cukup jinak sehingga anda bebas bercengkrama dengan mereka sembari melemparkan kacang, pisang ataupun roti ke mereka. Meski demikian, anda diharapkan tidak menyentuh mereka secara langsung.

tuak-tradisional-pusuk-passHutan Pusuk berjarak sekitar 30 menit perjalanan dari Mataram ataupun Senggigi. Di sepanjang jalan sekitar Hutan Pusuk banyak dijumpai pedagang tauk manis. Tuak manis merupakan minuman tradisional khas Lombok dan diproduksi sendiri oleh penduduk sekitar. Minuman yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit ini memiliki rasa manis dan segar. Bahan baku tuak ini adalah buah dari pohon enau yang banyak dijumpai di Hutan Pusuk. Anda bisa menikmati kesegaran tuak manis sembari menikmati keindahan hutan dan bercengkrama dengan monyet di Hutan Pusuk. Keberadaan hutan yang masih terjaga kealamian dan keasriannya ini tidak lepas dari peran masyarakat yang memahami pentingnya menjaga kelestarian hutan. Karena keberlangsungan hutan ini berdampak pada kehidupan masyarakat sekitar. Anda yang tertarik untuk melihat keindahan Hutan Pusuk bisa mengikuti paket liburan ke Lombok untuk perjalanan yang lebih mudah.

Refrensi:

  • http://www.mongabay.co.id/2014/11/07/mongabay-travel-penat-terlepas-di-pusuk-pass/
  • http://turmuzitur.blogspot.com/2014/09/tuak-manis-lombok-minuman-tradisional.html

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *