Indahnya Danau Segara Anak, Surga Di Gunung Rinjani

danau segara anakSiapa yang gak tahu dengan keindahan Gunung Rinjani. Gunung tertinggi nomor dua di negeri ini menyimpan banyak pesona yang membuat banyak orang begitu ingin untuk bertandang ke sana. Meski saat ini Gunung Rinjani masih belum bisa didatangi lantaran salah satu anak gunungnya meletus, yakni Gunung Barujari, namun pasca bencana ini kita bisa mendatanginya di lain waktu. Karena gunung yang juga memiliki nilai spiritual bagi umat Hindu ini memang memiliki beragam surga yang mampu membius siapa saja. Salah satu surga yang dimiliki Gunung Rinjani adalah Danau Segara Anak. Posisi Danau Segara Anak bagi Gunung Rinjani sama dengan Ranu Kumbolo milik Gunung Semeru yang ada di tanah Jawa. Kedua danau ini sama-sama menjadi oase bagi siapa saja yang hendak menuju ke puncak dari masing-masing gunung tersebut. Bagi para pendaki Gunung Rinjani, Danau Segara Anak menjadi tempat favorit. Bukan saja karena di danau ini mereka bisa berendam di air panas, namun mereka juga bisa memancing ikan untuk lauk bersantap di sini. Dan di tengah-tengah danau ini pula Gunung Barujari, yang baru saja meletus, berada

Danau Segara Anak LombokDanau Segara Anak merupakan danau yang berada di kaldera Gunung Rinjani dan masuk dalam kawasan Desa Sembalun Lawang, Lombok. Danau in berada di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut. Kawasan danau ini juga menjadi lokasi camping dan bermalam bagi mereka yang hendak menuju ke puncak Gunung Rinjani. Jadi jangan heran jika sejumlah tenda warna-warni nampak menghiasi sekitaran danau, yang tentunya semakin menambah warna di Danau Segara Anak. Mengenai nama dari Segara Anak berasal dari warna danau ini yang berwarna kebiruan seperti warna air laut sehingga danau ini dianggap sebagai bagian dari laut yang terpecah, dimana kata segara berarti laut. Ada banyak pesona dan tentunya memiliki mitos yang berkembang di masyarakat setempat. Seperti mitos mengenai nama dari Danau Segara Anak. Danau ini juga memiliki nilai spiritual yang kental dimana Danau Segara Anak dalam kepercayaan masyarakat Sasak merupakan tempat berkumpulnya para jin sehingga setiap tutur dan tingkah harus dijaga selama berada di sana.

pemandian danau segara anakMitos yang lain berkaitan dengan keberadaan sumber air panas yang tersebar di beberapa titik di sekitar danau. Masing-masing titik memiliki tingkat panas yang berbeda. Terserah travelers mau pilih yang mana, yang tentunya akan cukup menyenangkan berendam di sana, melepas penat dari perjalan jauh yang harus ditempuh untuk sampai ke sini, meski hanya sekedar merendam kaki. Rasa lelah pun sirna sudah kala kaki menyentuh air panas tersebut. Sebagimana kepercayaan masyarakat Sasak bahwa ai panas Danau Segara Anak memiliki khasiat sebagai obat dan bisa menyembuhkan beragam penyakit. Ada pula sebuah pohon tua yang berada tak jauh dari Danau Segara Anak yang dikeramatkan oleh penduduk setempat. Pasalnya pohon ini dipercaya bisa mengabulkan semua permohonan.

mancing di segara anakNamun sebelum mencapai semua surga yang ditawarkan oleh Danau Segara Anak, travelers harus menempuh perjalanan yang bisa dibilang tidak mudah untuk dilakukan. Perjalanan panjang yang cukup melelahkan namun tetap harus dilakukan demi bisa mendapatkan keindahan surga dari Danau Segara Anak. Untuk jalur menuju ke danau ini ada beberapa yang bisa travelers pilih. Namun yang paling sering digunakan adalah laur Sembalun. Ada beberapa pos dengan treck yang landai yang harus travelers lalui. Perjalanan berlanjut hingga menuju kawasan perbukitan yang dikenal dengan nama tujuh bukit penyesalan lantaran perjalanan untuk melaluinya seolah tak berujung. Apalagi dengan panasnya padang savana yang harus ditaklukan semakin membuat perjalanan tersebut kian tak berujung. Biasanya para pendaki akan menunju ke Puncak Gunung Rinjani terlebih dahulu dimana mereka bisa melihat indahnya Danau Segara Anak dari ketinggian sampai akhirnya turun dan berendam di air panas Danau Segara Anak.

pungut sampah danau segara anakNamun sayangnaya akibat ulah dari orang-orang yang tak bertanggung jawab, keindahan Danau Segara Anak jadi berkurang lantaran banyaknya sampah yang mereka tinggalkan begitu saja. Nah, biar agenda kamu main ke Danau Segara Anak kian berarti dan berhadiah pahala buat masuk ke surga (amiien … 🙂 ) jangan lupa juga untuk membawa sampahmu turun kembali ya. Sempetin juga bersih-bersih kawasan Danau Segara Anak biar surganya tetap indah. Pengen dong terus-terus main ke surga Danau Segara Anak? Yang pengen main ke Danau Segara Anak gak pakek ribet, ikutan open trip tour Lombok aja, murah, mudah, dan nyaman banget.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *