Jerman Di Taman Nasional Gunung Rinjani

jeruk-manis-waterfallHei, ini bukan Eropa. Layaknya Yogyakarta yang memiliki Jerman atau Jejer Kauman, Lombok pun memiliki tempat yang bernama sama. Jerman merupakan salah satu nama dari wisata air terjun yang ada di Lombok dan kepanjangan dari Air Terjun Jeruk Manis. Tak hanya memiliki julukan Jerman, air terjun ini juga memiliki beragam nama lainnya. Beberapa orang menyebut air terjun ini dengan nama Air Terjun Jukut dan Air Terjun Temer merupakan sebutan yang diberikan oleh penduduk lokal. Air terjun yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani ini berada di kaki Gunung Rinjani yang megah.

jalan setapakAir Terjun Jeruk Manis akan memanjakan anda dengan pemandangan hijaunya yang menakjubkan dan suasananya yang sejuk menenangkan. Air terjun ini benar-benar manis, sebagaimana namanya, dengan semua keindahan dan pesona yang ditawarkan. Airnya yang jernih mengalir di antara lembah yang sempit dari ketinggian sekitar 40 meter. Debit airnya cukup besar dan terasa segar ketika percikannya mengenai wajah kita. Air terjun yang ditemukan pada tahun 1983 ini mengalir ke sungai-sungai kecil yang dipenuhi dengan bebatuan.

Jeruk Manis-21Air Terjun Jeruk Manis berada di Desa Kembang Kuning dan bersebelahan dengan Desa Tete Batu yang berjarak 6 km. Desa-desa ini berada di Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur. Desa Kembang Kuning berjarak sekitar 50 km dari Kota Mataram atau 2 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Rute yang harus ditempuh dari Kota Mataram menuju Cakranegara hingga mengarah ke Narmada. Selanjutnya menuju Sedau, Mantang, Kopang, Terara, Sikur, Masbagikdan berakhir di Desa Kembang Kuning. Setibanya di Desa Kembang Kuning, anda tinggal menuju ke Posko Taman Nasional Gunung Rinjani dan mealnjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 1.5 km atau sekitar 15-20 menit menuju air terjun. Kondisi jalan setapak yang anda lalui sudah cukup baik dengan batu-batu yang disusun secara rapi. Selain itu anda juga harus menuruni 180 anak tangga untuk bisa sampai ke air terjun. Anda tidak perlu khawatir karena anak tangga tersebut tidak terlalu curam.

menuju air terjunPerjalanan untuk menikmati keindahan Si Jerman ini memang cukup panjang dan melelahkan. Namun semua itu akan terbayar begitu anda merasakan kesegaran air terjunnya dan melihat keindahan alamnya. Bahkan keindahan alamnya sudah menyapa anda sejak anda pertama tiba dan menjadi teman anda selama melalui jalan setapak. Berbagai jenis tumbuhan, mulai dari paku-pakuan, bunga liar, hingga tumbuhan seperti durian, liuh-liluh, lemuru, ataupun bajur akan anda temui di sepanjang perjalanan anda. Sekawanan monyet liar dan juga rusa menjadi pemandangan lain yang akan meramaikan perjalanan anda. Di tepi jalan menuju air terjun, terdapa tiga berugak atau sejenis gazebo yang bisa anda manfaatkan sejenak untuk beristirahat.

jeruk-manis-waterfall-mataramSetibanya di air terjun anda bisa merasakan kesegaran airnya dengan berenang dan mandi di kolam yang berada di bawahnya. Rasa lelah anda akan hilang begitu kesejukan dan kesegaran air terjun  menyapa anda. Air Terjun Jeruk Manis juga dipercaya penduduk setempat dapat mengobati beberapa penyakit dan membantu kesuburan rambut. Tak heran jika air terjun ini kerap dijadikan tempati ritual tradisional yang dipimpin langsung oleh pemangku adat. Puas menikmtai Air Terjun Jeruk Manis, anda bisa menuju Desa Tetebatu yang memiliki sejumlah wisata seperti Air Terjun Joben atau yang juga dikenal dengan Otak Koko Gading. Di sekitar Desa Tetebatu juga tersedia beragam fasilitas, mulai dari restoran hingga akomodasi dibandingkan di Desa Kembang Kuning. Jadi buruan nikmati kesegaran air terjun-air terjuan yang ada di Lombok Timur ini.

Refrensi:

  • https://sites.google.com/site/wisataairterjun/nusa-tenggara-barat/air-terjun-jeruk-manis—lombok-timur
  • http://id.lombokindonesia.org/air-terjun-jeruk-manis-lombok/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *