Kampung Sekarbela Si Kampung Mutiara

mutiara-lombokBerencana untuk liburan ke Lombok selama beberapa hari? Mumpung ada long weekend jangan lewatkan kesempatan untuk berlibur ke desa-desa yang ada di Lombok. Pasalnya desa-desa yang ada di pulau ini menyimpan pesona wisata yang tak kalah dengan desa-desa yang ada di Bali. Selain Dusun Sade yang menjadi desa adat khas Lombok, pulau ini juga memiliki sejumlah desa yang menjadi setra kerajinan khas Lombok. Lombok bukan hanya terkenal dengan kain tenunnya loh, karena ternyata banyak kerajinan lain yang bisa didapatkan di Lombok. Salah satunya adalah mutiara. Selain dengan berbelanja di Pasar Cakranegara, ada baiknya anda berburu mutiara Lombok langsung ke pengrajinnya yang berada di Kampung Sekarbela.

desza sekarbela lombokKampung Sekarbela berada di Kelurahan Karang Pule, Kecamatan Ampenan, Mataram. Dari pusat kota Mataram, kampung ini berjarak sejau 4 km. Warga desa ini cukup kreatif. Mereka yang dahulunya berprofesi sebagai petani beralih menjadi pengrajin dan berhasil mengubah emas, perak, bahkan mutiara yang sudah terlihat cantik semakin cantik dengan menjadikan mereka rangkaian-rangkaian perhiasan yang indah. Dan keahlian ini telah mereka miliki sejak dulu dan diwariskan dari generasi ke generasi. Bahkan keahlian berdagang mereka juga berasal dari warisan masa lampau dari pedagang Arab yang akhirnya menetap di desa ini. Maklum, lokasi desa ini cukup dekat dengan pelabuhan Ampenan sehingga desa ini Kampung Sekarbela kerap menjadi tempat singgah para pedagang luar daerah.

toko mutiara lombokKarenanya jangan heran jika di sepanjang jalan sekitar kampung ini anda akan dimanjakan dengan pemandangan perhiasan mutiara dari showroom yang berada di sepanjang kanan dan kiri jalan. Berbagai perhiasan dari emas, perak, mutiara ataupun perpaduan dari ketiganya nampak memenuhi rak-rak yang ada di showroom. Harga perhiasan yang ditawarkan di Kampung Sekarbela, terutama mutiaranya cukup bervariasi. Hal ini bergantung dari jenis dan berat perhiasannya. Secara umum, Kampung Sekarbela menyediakan dua jenis mutiara, yakni mutiara laut dan mutiara air tawar yang keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Mutiara air tawar memiliki bentuk bundar dengan warna putih, merah muda, biru, jingga dan kuning. Variasi warna mutiara jenis juga lebih banyak dan bergantung dari induk kerangnya. Sementara mutiara air laut memiliki bentuk oval dengan warna putih, perak, emas, dan hitam.

Mutiara-Air-Laut-LombokWarga Kampung Sekarbela membudidayakan sendiri mutiara-mutiara tersebut dan kualitasnya tidak kalah dengan mutiara dari luar negeri, terutama untuk mutiara air lautnya. Mereka juga membudidayakan mutiara asli Lombok yang terkenal sebagai mutiara terbaik yang ada di dunia. Ada dua mutiara yang menjadi kebanggaan masyarakat Lombok, yakni mutiara South Sea Pearl dan mutiara Golden South Sea Pearl. Mutiara South Sea Pearl memiliki warna yang lebh creamy atau seputih susu sedangkan Golden South Sea Pearl memiliki warna yang lebih keemasan, tak heran jika harga mutiara air laut ini juah lebih mahal dibandingkan mutiara air tawar. Untuk mutiara air tawarnya, pengerajin sebagian juga mengambilnya dari luar Pulau Lombok.

pembuatan perhiasan mutiaraBerbelanja mutiara di Kampung Sekarbela anda tidak hanya mendapatkan aneka perhiasan yang cantik langsung dari tangan pembuatnya, namun juga berkesempatan mendapatkan pengetahuan bagaimana masyarakat desa ini mengembangbiakkan mutiara. Anda juga bisa melihat secara langsung proses pembuatan perhiasan mutiara yang dilakukan oleh pengerajin. Meski teknik pembuatan perhiasan yang dilakukan masyarakat Kampung Sekarbela masih sederhana, namun kualitasnya tak kalah dengan yang modern. Jadi tunggu apalagi, jangan lewatkan kunjungan wisata ke Kampung Sekarbela dan dapatkan perhiasan mutiara langsung dari pengerajinnya. Tunjukkan cinta anda pada Indonesia dengan membeli hasil karya anak negeri :> Jika anda menggunakan paket wisata ke Lombok, kunjungan ke Kampung Sekarbela dijadikan satu dengan kunjungan ke desa kerajinan di Lombok lainnya.

Referensi:

  • http://lombok.panduanwisata.id/oleh-oleh/mari-berburu-mutiara-di-sekarbela/
  • http://id.lombokindonesia.org/desa-mutiara-sekarbela-lombok/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *