Keindahan Alam Desa Sapit

sapit (1)Berkunjung ke desa memang selalu menyenangkan, terutama desa-desa yang masih alami. Pemandangan alam dengan dominasi warna hijau yang mereka miliki memberikan ketenangan pada siapa saja yang melihatnya. Seolah hijau alamnya bisa menyembunyikan kita dari segala rutinitas pekerjaan yang menyita waktu dan pikiran. Belum lagi udaranya yang segar dan suasana yang sejuk, mengisi keseluruhan paru-paru kita dengan udara bersih menggantikan udara kotor perkotaan yang dipenuhi dengan polusi. Melihat semua keindahan desa membawa kita pada nostalgia masa kecil dengan buku-buku cerita tentang keindahan desa ataupun pengalaman pribadi yang membawa pada kesimpulan bahwa sejenak kita menginginkan ketenangan sebagaimana di desa. Keindahan dan kealamian suasana pedesaan juga mengingatkan kita akan kebesaran Tuhan yang memberikan banyak hal yang indah di bumi ini.

sapitDan salah satu desa di Lombok ini bisa menjadi alat kita untuk mengobati kerinduan kita mengenai suasan desa. Desa yang masuk dalam kawasan Lombok Timur ini bernama Desa Sapit yang berada di Kecamatan Swela. Desa yang berjarak 65 km dari Kota Selong ini termasuk desa tradisional dengan pesona pemandangan pegunungan dan kawasan pertanian. Pertanian Desa Sapit cukup baik meski hanya dilakukan dengan tradisional. Hal ini semakin menambah daya tarik dan menguatkan kesan vintage pada Desa Sapit. Sambutan penduduk yang ramah kepada semau wisatawan semakin menambah kenyamanan selama berlibur di sini.

desa sapitAnda bisa melakukan trekking ke bukit-bukit Desa Sapit dan menemukan berbagai keindahan di sana. Selat Alas dan Samudera Hindia dengan leluasa bisa dipandangi dari desa ini, termasuk juga keindahan puncak Gunung Rinjani yang merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Desa Sapit berada di ketinggian 1.100 meter dari permukaan laut. Tak heran jika suasana sejuk dengan udara dingin dan bersih akan senantiasa menyapa anda selama di desa ini. Desa ini memiliki pesona yang lain, yakni kecantikan matahari terbit yang bergerak dari daratan Sumbawa. Tak jauh dari kawasan Desa Sapit terdapat mata air Lemor yang hanya berjarak 5 km dari desa. Ada pula Air Sebau dengan kandungan belerangnya yang bermanfaat.

langgar sapitDesa Sapit juga memiliki bangunan bersejarah yang bernama Langgar Sapit. Langgar atau musholla ini merupakan peninggalan kepercayaan Wetu Telu yang dipercayai masyarakat Sasak pertama kali. Kepercayaan ini merupakan aliran Islam yang pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat Lombok. Bukan untuk menyimpang dari Islam, namun kala itu para penyebar agama Islam berusaha untuk memperkenalkan Islam secara bertahap dan perlahan. Langgar Sapit berjarak 500 meter dari pusat desa dan berada di pertigaan kedua. Bangunan langgar ini menyerupai bangunan rumah Suku Sasakyang megah. Langgar Sapit kini dijaga oleh pemangku adat dan dianggap sebagai bangunan suci yang kerap digunakan untuk sejumlah acara peringatan, seperti Maulid Nabi Muhammad SAW. Langgar Sapit juga dijadikan masyarakat setempat sebagai tempat ritual meminta hujan denagn iringan gamelan dan gendang Beleq yang dikenal dengan acara Ngayu-ayu.

desa sapit1Ada beberapa home stay yang bisa anda gunakan selama berkunjung ke Desa Sapit. Msih banyak desa tradisional denga beragam pesona di Lombok yang bisa anda kunjungi. Anda bisa menggunakan jasa paket tour ke Lombok untuk membantu anda mengunjungi semua destinasi wisata di Lombok yang anda inginkan.

Refrensi:

http://lombok.panduanwisata.id/wisata-religi/dua-pesona-desa-sapit-lombok-timur/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *