Melihat Keindahan Pulau Lombok dari Bukit Malimbu

bukit malimbu1Pulau Lombok menawarkan beragam keindahan yang layak menjadikannya sebagai pulau tujuan wisata kedua setelah Bali. Bahkan ada salah satu tempat di Lombok yang bisa anda gunakan untuk menyaksikan keindahan Lombok secara keseluruhan. Ya, sebuah bukit bernama Bukit Malimbu menjadi tempat yang pas untuk melihat keindahan alam Lombok dari ketinggian. Dari atas ketinggian Bukit Malimbu dengan jajaran pepohonan hijau, pemandangan yang ditawarkan tampak seperti lukisan, berbalut penuh dengan keindahan yang mengundang decak kagum secara penuh.

pantai dan bukit malimbuBukit yang berada tak jauh dari jalur menuju Gili Trawangan ini menjadi tempat yang pas untuk melihat bagaimana indahnya pemandangan laut diamati dari ketinggian. Pada hari yang cerah, dari atas ketinggian Bukit Malimbu, ombak yang bergulung dan membentur karang di Pantai Malimbu terlihat begitu indah. Pantulan cahaya matahari pagi di atas air launya yang jernih, menampilkan warna biru sempurna dari laut Pantai Malimbu. Tak hanya Pantai Malimbu, keindahan Pantai Satangi dan tiga gili di sekitarnya, Gili Air, Gili Trawangan, dan Gili Mono juga bisa disaksuikan dari atas bukit ini. Bahkan siluet kemegahan Gunung Agung yang ada di Bali juga terlihat begitu menakjubkan dari Bukit Malimbu.

Bukit MalimbuBerjarak 5 km di sebelah barat Pantai Senggigi, Bukit Malimbu menjadi spot yang pas untuk melihat keindahan matahari terbenam ke ufuk barat. Warna jingga matahari sore berpadu dengan birunya air laut sebelum akhirnya benar-benar tenggelam dan menghilang dalam kegelapan malam. Tak heran jika bukit yang berjarak 24 km dari Kota Mataram ini semakin ramai dikunjungi pada sore hari. Meski akses jalan menuju bukit ini cukup menguras tenaga dan membutuhkan 45 menit perjalanan dari Mataram, menggunakan kendaraan pribadi, namun keindahan yang ditawarkan Bukit Malimbu cukup membuat banyak orang rela menempuh semua hal tersebut.

sunset bukit malimbuSejumlah komunitas petualang, seperti komunitas sepeda ataupun bikers motor touring, bahkan menjadikan Bukit Malimbu sebagai tempat mereka berkumpul dan beristirahaat sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan mereka kembali. Dan tentunya para pecinta landscape photography, tak akan melewatkan keindahan yang Bukit Malimbu dan mengabadikannya dalam jepretan mereka. Bukit Malimbu di sore hari juga kerap dijadikan lokasi foto prewedding sejumlah pasangan dengan background matahari sore yang indah. Sejak pukul 04.00 sore kawasan Bukit Malimbu telah ramai dengan para pengunjung dan sejumlah pedagang. Anda bisa mencoba berbagai makanan yang ditawarakan oleh pedagang sekitar, seperti jagung bakar, bakso, dan beraneka kuliner yang lain sebagai teman melihat keindahan pemandangan di Bukit Malimbu. Ada pula penjaja souvenir seperti kaos, perhiasan mutiara, dan sebagainya.

MalimbuBukit Malimbu bisa dicapai melalui beberapa jalur, selain dari Kota Matarm. Dari Pelabuhan Lembar yang ada di Lombok barat, dibutuhkan waktu satu setengah jam perjalanan, baik dengan roda dua ataupun roda empat. Sementara dari Bandara Internasional Lombok, Bukit Malimbu dapat dicapai dalam waktu dua jam. Sedangkan tempat untuk melihat pemandangan dari Bukit Malimbu terbagi dalam dua tempat. Tempat yang pertama berada di sisi timur jalan raya yang berupa tanah kosong dan berjarak 6 km lebih tinggi dari jalan raya. Sebuah gazebo berukuran 6×4 meter berada di puncak tanah ini yang bisa dijangkau dengan melewati tangga yang berada di depan area parkir mobil.

bukit-malimbuSedangkan tempat yang kedua berada di sisi barat jalan raya dan berupa rest area sepanjang 150 m dan lebar trotoar 2 m. Sebuah pagar pembatas yang kuat dibangun diatasnya dan menjadi pembatas dengan tebing yang memiliki ketinggian 25 m. Tebing yang penuh dengan semak tersebut juga menjadi tempat tingga sejumlah kera yang menarik perhatian dengan tingkah mereka yang lucu. Untuk tempat parkir berada di sisi sebelah selatan. Bukit Malimbu benar-benar tempat yang pas untuk melihat keindahan Lombok secara keseluruhan dan bisa menjadi tempat untuk merefresh kembali badan dan pikiran yang penat oleh aktivitas padat.

 

Refrensi:

  • http://visitlomboksumbawa.com/bukit-malimbu-surga-bagi-pemburu-keindahan-alam.html
  • http://id.lombokindonesia.org/bukit-malimbu-lombok/
  • http://7og4nk.blogspot.com/2015/01/Bukit-malimbu-lombok.html

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *