Menantang Ombak Pantai Bangko-Bangko

Bangko-Bangko_4Pantai di Lombok memang terkenal dengan keindahan dan kealamiannya. Tak heran jika pulau ini menjadi alternatif pilihan wisata bagi wisatawan, usai Bali. Tak hanya indah, pantai-pantai di Lombok juga cukup unik, mulai dari pasirnya yang seperti butiran pasir hingga pasirnya yang berwarna merah muda. Selain itu, pantai di Lombok juga memiliki ombak yang mampu membuat para pecinta surfing betah berlama-lama di Lombok. Nah, jika anda seorang surfer sejati, kini waktunya anda untuk menjajal Pantai Bangko-Bangko atau yang oleh wistawan asing terkenal dengan sebutan Desert Point. Ombak pantai ini bahkan dimasukkan International surfing Association sebagai salah satu dari 10 tempat surfing dengan ombak terganas di dunia. Tak hanya surfing, karena masih banyak aktivitas pantai lainnya yang bisa dilakukan di pantai ini.

1Pantai Bangko-Bangko berada di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat. Pantai ini berhadapan langsung dengan kawasan Nusa Penida, Bali. Bahkan anda bisa melihat garis pantai di Nusa Penida secara samar. Yang membuat pantai ini menjadi favorit para peselancar, terutama peselancar dunia, adalah tipe ombaknya yang panjang dan sambung-menyambung. Ombak pantai ini cocok untuk para peselancar ahli. Namun gak ada salahnya juga para peselancar pemula ataupun kelas menengah menjajal ombak Pantai Bangko-Bangko. Banyak resort di sekitar pantai yang memanfaatkan hal ini dengan menyediakan layanan paket surfing. Bulan Mei-Oktober menjadi waktu yang pas untuk menjajal ombak Pantai Bangko-Bangko. Pantai Bangko-Bangko memang tak terlalu terkenal. Namun hal ini membawa keuntungan dengan keindahan pantai yang masih alami. Pemandangan laut dan pantainya begitu bersih serta didukung dengan suasana yang tenang, membuat seolah-olah mereka yang disana bagai di pantai pribadi. Berbagai kuliner yang ditawarkan oleh restoran yang ada di sekitar pantai menjadi teman yang pas untuk menikmati suasana pantai.

bangko-bangkoTak hanya surfing, Pantai Bangko-Bangko juga menjadi pantai pecinta memancing. Pasalnya pantai ini memilikli sejumlah spot memancing yang bisa digunakan para mancing mania untuk memuaskan hobi mereka. Anda bisa menyewa kapal di Pantai Ampenan yang akan membawa anda menikmati spot memancing yang menguras tenaga. Semakin ramai jika anda datang beramai-ramai dengan teman-teman anda, dan bersiap-siaplah untuk pesta ikan. Anda yang ingin menikmati ikan-ikan segar tanap harus memancing bisa mendapatkannya langsung dari para nelayan ataupun pasar ikan yang ada di sana. Maklum, lokasi pantai ini berdekatan dengan perkampungan nelayan. Terkadang ketika tangkapan ikan hanya sedikit, ikan-ikan hasil tangkapan nelayan ini telah habis diborong di tengah laut.

mangrove-bangko-300x199Puas menikmati keindahan Pantai Bangko-Bangko, anda bisa melakukan trekking ke hutan Mangrove dengan luas 2.169 hektar yang lokasimya tak jauh dari pantai. Sebuah rereuntuhan bentang Jepang lengkap dengan bentengnya, bisa anda jumpai di tepi hutan. Tak hanya mangrove, namun anda juga bisa melihat vegetasi khas Bangko-Bangko seperti Biduri, Pandan Laut, dan Kesambi. Ada pula tanaman Bajur dan Waru. Sementara untuk fauna yang bisa anda temukan di sana adalah elang bendol, ayam hutan, raja udang, ataupun elang laut. Jika beruntung, anda bisa menyaksikan salah satu hewan langka yang dilindungi, yakni kupu-kupu Trocles Helena. Anda yang ingin ke Pantai Bangko-Bangko bisa melalui Mataram dan menuju Sekotong. Kurang lebih jarak yang harus anda tempuh sejauh 70 kilometer dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam. Banyak angkutan umum yang mengarah ke sini.

Refrensi:

http://lombok.panduanwisata.id/pesisir-pantai/surfing-dan-mancing-di-bangko-bangko/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *