Menyepi Di Gili Meno

gili-menoPusing dengan semua rutinitas yang ada? Mulai suntuk dengan berbagai permasalahan yang mendera? Eits … jangan ambil jalan pintas ya buat solusi itu semua. Soalnya nih ada tempat yang cukup indah di Lombok untuk anda melarikan diri dari semua itu. Ya, pulau kecil bernama Gili Meno akan menjadi tempat yang pas bagi anda untuk menyepi dan menyendiri. Alamnya yang indah bisa menjadi hiburan untuk anda dan menenangkan pikiran serta jiwa anda. Pulau Lombok memang kaya akan pulau-pulau kecilnya yang menawan. Namun Gili Meno bisa dibilang sebagai pulau terkecil diantara semuanya. Tak heran jika penduduk yang menghuni pulau kecil ini hanya sekitar 300 orang dan tak  banyak fasilitas toko yang bisa anda nikmati. Tiidak ada kendaraan bermotor dan listrik juga tidak banyak dijumpai di sini. Sebagai penerangan di malam hari, sebagian besar masyarakatnya menggunakan obor. Wow … bisa dibayangin dong gimana sepi dan sunyinya Gili Meno ini.

danau asin Gili MenoMeski pulau  yang terkecil, namun Gili Meno menawarkan keindahan alam yang tak kalah indahnya dengan dua gili lain yang mengapitnya, yakni Gili Trawangan dan Gili Air. Dari Gili Meno pula anda tidak hanya menikamti keindahan Gili Meno namun bisa juga melihat keindahan Gili Trawangan dan Gili Air yang ada di sebrangnya. Layaknya dua gili yang lain, Gili Meno juga dilengkapi dengan pantai berpasir putih yang cantik. Anda bisa menjelajahinya dengan berjalan kaki yang membutuhkan waktu 90 menit. Namun yang membuat gili ini lain dari yang lainnya adalah adanya danau garam yang hanya ada di Gili Meno. Di musim kemarau danau dangkal ini menjadi penghasil garam bagi penduduk sekitar.

Gili-Meno-Little-ParadiseDi sisi pantai bagian timur ada beberapa spot snorkeling dan diving yang bisa anda jelajahi karena cukup spektakuler, seperti Meno Wall, Point Coral Blue, dan Sea Point Turtle dimana anda bisa menjumpai banyak penyu yang berenang dengan bebas. Anda juga bisa menyaksikan beragam spesies terumbu karang aneka warna di sisi utara timur pantai. Jika beruntung anda bisa menyaksikan gerombolan school fish yang nampak asik berenang ke sana ke mari. Acara menyelam semakin seru karena airnya cukup jernih, yang bahkan bisa anda jelajahi dengan mata telanjang. Anda juga bisa merasakan kejernihan air pantai Gili Meno dengan berenang dan rasakan debur ombaknya yang tenang mengenai anda. Sinar matahari juga leluasa menjangkan alam bawah lautnya sehingga memberikan pencahayaan yang cukup mempesona.

gili meno bird parkGili Meno tidak hanya pulau yang indah namun juga ramah terhadap aneka satwa. Pulau kecil ini menjadi penangkaran berbagai burung langka yang ditempatkan di Bird Park. Di sini anda bisa menjumpai berbagai burung tropis seperti pelikan, elang, dan flaminggo. Selain burung Indonesia, Bird Park juga menjadi rumah bagi burung langka mancanegara. Untuk tiket masuk ke taman burung ini, anda akan dikenai tiket masuk sebesar Rp 50.000. Selain burung, ada juga penangkaran kura-kura di sini. Jadi selain penyu yang berkeliaran bebas anda juga bisa melihat perkembangbiakan kura-kura. Keindahan Gili Meno semakin lengkap karena kealamian dan keasriannya. Pulau kecil ini dihiasi dengan pohon-pohon kelapa yang asri. Udaranya juga cukup bersih karena hanya cidomo, satu-satunya kendaraan yang boleh digunakan di sini. Semua keindahan tersebut, Gili Meno persembahkan bukan hanya bagi anda yang ingin relaksasi dan melarikan diri dari penatnya aktivitas, namun juga dipersembahkan bagi anda yang berbulan madu dan merasakan momen romantis.

bungalow di gili menoKarena tak semua tempat di Gili Meno yang dialiri listrik, maka tidak ada kehidupan malam di pulau kecil ini. Tidak ada restoran mewah di sini, selain cafe yang ada di penginapan. Namun anda bisa merasakan ikan segar yang dibakar di warung-warung yang ada di sana. Jika berlibur ke Gili Meno sebaiknya anda membawa uang cash karena tidak fasilitas atm di sana. Karena air di Gili Meno meruapakan air asin, sehingga untuk kebutuhan air tawarnya penduduk mengambilnya dari Lombok. Untuk menuju Gili Meno, dari Mataram anda bisa menuju Palabuhan Bangsal dan menuju Gili Meno dengan perahu. Sementara jika anda berangkat dari Gili Trawangan dan Gili Air, anda bisa menggunakan kapal yang berangkat di jam-jam tertentu. Agar perjalanan anda semakin mudah dan tidak dipusingkan dengan biaya-biaya yang lain, anda bisa menggunakan paket wisata ke Lombok untuk kenyamanan perjalanan wisata anda.

Refrensi:

  • http://wisatalombokaja.blogspot.com/2014/05/gili-meno-pulau-lombok.html
  • http://lombok.panduanwisata.id/pesisir-pantai/gili-meno-minim-fasilitas-namun-tak-minim-keindahan/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *