Pantai Oetune yang Keindahannya Kian Memukau

pantaioetuneKawasan Nusa Tenggara Timur sebenarnya memiliki pesona yang tak kalah menakjubkan dengan daerah lain di Indonesia. Sayangnya semua tempat tersebut belum tereksplore dengan baik sehingga kurang dikenal wisatawan.

Salah satunya adalah Pantai Oetune yang ada di Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Pantai ini menawarkan pemandangan yang sebenarnya tak kalah dengan Pantai Kuta Bali sehingga kemudian menarik pemerintah setempat untuk mengembangkan kawasan pantai tersebut menjadi salah satu daerah wisata yang cukup menjanjikan.
pasir pantai oetune

Sayangnya hal tersebut masih sekedar wacana dan belum terealisasikan dengan baik. Padalah pesona yang ditawarkan pantai ini cukup menjanjikan untuk didatangi wisatawan.

Karena belum tereksplore dengan baik sehingga akses jalan menuju Pantai Oetune juga masih cukup sulit. Jika dari Kupang, travelers perlu menempuh jarak sejauh 20 km dengan melewati Jembatan Noelmina. Dari jembatan tersebut, langsung belok kanan dan travelers bisa menemukan papan penunjuk lokasi Pantai Oetune.

Sayangnya papan tersebut terlalu kecil sehingga sulit ditemukan untuk yang baru pertama kali berkunjung ke pantai tersebut. Belum lagi akses jalannya yang berbatu dan berdebu kala musim panas.

Sebaliknya jalan  ini menjadi becek, tergenang air, dan berlumpur di kala musim penghujan. Sejumlah fasilitasnya juga belum ditata dengan baik.

Meski demikian bukan berarti tidak ada fasilitas apa pun di sini. Karena sejumlah penjual souvenir juga nampak menggelar dagangan mereka. Bahkan ada beberapa anak-anak yang menjajakan buah saboak seharga Rp 2.000 per buah langsung kepada pengunjung yang datang.

Begitu pula untuk area parkir dan toilet juga telah disediakan meski dengan penataan yang kurang maksimal.

pantai oetunePemandangan yang ditawarkan Pantai Oetune benar-benar memukau. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang berpadu dengan warna cokelat yang cukup luas, mencapai tujuh kilometer.

Keindahanya pasirnya tak kalah dengan pasir yang ada di Pantai Kuta. Dengan bentang pantainya yang panjang, membuat pasir Pantai Oetune nampak seperti gurun pasir. Apalagi di salah satu sudut pantainya terdapat gundukan pasir yang semakin membuat tmpat ini seperti gurun pasir.

Dengan tekstur pantainya yang lembut membuat acara jalan-jalan dan bersantai di atas pasirnya semakin nyaman. Di beberapa bagian pantainya terdapat lopo, sejenis rumah khas warga TTS, yang berjumlah 7-9 buah dengan salah satunya  menjadi lopo induk.

Asiknya lagi ombak Pantai Oetune juga termasuk yang ramah untuk para peselancar dengan gulungan ombaknya antara 4 hingga 7 gulungan yang saling susul-menyusul dalam waktu satu menit. Selain itu pecahan ombaknya juga cukup unik yang membuat suasana bermain di tepi pantai semakin seru.

pantai oetuneMenikmati pemandangan Pantai Oetune semakin lengkap dengan ditemani sajian seafood dengan es kelapa muda yang segar. Mau makan di tepi pantai ataupun di lopo juga tak masalah.

Dengan semua pesona yang ditaawarkan dan semakin banyaknya wisatawan yang bertandang ke Pantai Oetune, sudah saatnya pemerintah setempat untuk mengelola pantai ini lebih serius lagi. Jika travelers ingin mengeksplore kawasan Nusa Tenggara Timur lebih mendalam lagi, travelers bisa menggunakan jasa tour Lombok dan tour Flores untuk kemudahan berlibur.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *