Pantai Pandanan yang Menakjubkan

pantai pandanan1Sudah menikmati lezatnya sajian ikan bakar di Pantai Nipah? Enak bukan, menikmati ikan  bakar hangat sembari menikmati keindahan dan kealamian Pantai Nipah. Tak jauh dari Pantai Nipah, anda bisa melanjutkan petualangan ke pantai lain yang masih satu garis dengannya, yakni Pantai Pandanan. Kedua pantai ini sama-sama berada di Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Desa Malaka memang memiliki sejumlah pantai yang masih alami  yang kini mulai digarap serius untuk dijadikan tempat wisata. Bukit Malimbu, Pantai Klui, dan Sunset Point termasuk juga dalam destinasi wisata di Desa Malaka yang memiliki 12 dusun ini. Jadi jika anda ikut tour Lombok, semua destinasi wisata ini bisa anda nikmati dalam satu kali perjalanan. Banyaknya pantai yang dimiliki desa ini karena lokasi desa yang berbatasan langsung dengan laut Jawa di sisi utara dan Pelabuhan Bangsal di sisi timurnya.

pantai-pandanan-2Layaknya Pantai Nipah, Pantai Pandanan juga masih alami. Dan pantai ini benar-benar mewakili kata menakjubkan karena selain masih alami Pantai Pandanan juga menawarkan pemandangan yang mengundang decak kagum. Air pantainya yang berwarna biru kehijauan masih begitu jernih. Pasir putihnya juga nampak lembut dan bisa anda gunakan untuk berjemur sambil menikmati suasana yang cerah. Suasana santai akan semakin nyaman anda rasakan karena suasana pantai yang tenang dan damai, jauh dari hiruk pikuk pengunjung dan lalu lalang kendaraan. Anda yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga atau pasangan secara intim bisa anda dapatkan di pantai ini.

pandanan-1Berlibur ke pantai ini membuat anda merasa seperti pemilik pantai pribadi. Mungkin karena lokasi pantai yang terpencil sehingga belum banyak orang yang bertandangke sini. Padahal dari jalan utama yang menghubungkan Kota Mataram dan pelabuhan menuju gili, Pantai Pandanan hanya berjarak 3 menit. Selain itu hanya ada tanda penunjuk kecil yang menunjukkan lokasi pantai menjadi alasan kurang populernya pantai ini dikalangan wisatawan. Selain berjemur di pasirnya yang lembut, anda juga bisa bersantai di beruga, yakni bangunan mirip rumah kecil yang tak memiliki dinding dan beratapakan daun kelapa. Bangunan bisa anda gunakan kala suasana sangat terik.

BukitPantai Pandanan LombokSuasana pantai yang tenang berpadu dengan keindahan perbukitan hijau yang berada di sekitar pantai. Selain itu banyak pepohonan yang bisa gunakan untuk berteduh. Jajaran pohon kelapa yang memang banyak dijumpai di pantai-pantai di Desa Malaka, menjadi pemandangan yang semakin menyejukkan mata. Semilir anginnya yang lembut seolah turut meredakan stres yang ada di pikiran anda. Keindahan alamnya menjadi obyek yang cukup menarik bagi mata lensa anda. Pantai Pandanan juga menjadi pantai yang patut dikunjungi jika anda penghobi aktivitas memancing. Anda bisa membakar langsung ikan yang anda dapatkan sebagai teman bersantai. Pantai yang berlokasi di Dusun Pandanan ini hanya berjarak sekitar 15 km dari pusat Kota Mataram atau selama 45 menit perjalanan. Jadi jangan lewatkan kesemptan untuk menikmati pantai terpencil yang menakjubkan ini ya 🙂

Refrensi:

  • http://visitmalakantb.com/wisata.php
  • http://lombok.panduanwisata.id/pesisir-pantai/pantai-pandanan-pantai-terpencil-di-lombok-utara/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *