Pantai Pink dengan Pasir Merah Mudanya

pantai-tangsi-lombok1-300x199Pulau Lombok memang betul-betul unik. Pulau ini memiliki pantai dengan sejumlah keistimewaan yang membuatnya berbeda dari yang lain. Tak heran jika pulau ini kini semakin diminati wisatawan, termasuk wisatawan mancanegara. Jika selama ini anda melihat pantai berwarna putih dan hitam, maka Pulau Lombok akan membawa anda melihat pantai berpasir merah muda yang bernama Pantai Pink. Jadi anda tidak perlu Harbour Island untuk melihati fenomena ini. Di dunia ada tujuh pantai yang memilliki pasir berwarna merah muda. Indonesia memiliki dua diantaranya, selain yang ada di Lombok ada pula yang berada di Pulau Komodo.

meriam jepang pantai pinkPantai Pink Lombok sebenarnya bernama Pantai Tangsi. Namun warna merah muda pada pasir yang ada di pantai ini membuat orang melupakan nama asli pantai yang berlokasi di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur ini. Pantai ini diberi nama Tangsi berkaitan denagan sejarah yang terjadi di pantai ini. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tangsi berarti barak, markas atau asrama. Pantai Tangsi diperkirakan pernah menjadi barak tentara Jepang kala datang di Indonesia pada tahun 1942. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya meriam peninggalan Jepang di atas bukit yang ada di pantai. Selain itu juga terdapat goa buatan peninggalan Jepang. Goa dengan panjang 44 meter dan tinggi 1.5 meter ini menghadap langsung ke pantai sehingga menjadi lokasi yang pas untuk mengintai apabila ada musuh datang, termasuk ketika pasukan sekutu mendekat.

pantai pink lombokSelain sejarah, Pantai Pink atau Pantai Tangsi ini juga memiliki pemandangan yang menakjubkan. Bukit tempat lokasi goa berada memiliki padang rumput yang luas. Anda bisa menikmati pemandangan pantai dari atas bukit dengan ditemani semilir angin yang sejuk. Suara debur ombak di bawahnya semakin melengkapi ketenangan yang ditawarkan Pantai Pink. Anda bisa bersantai di gazebo yang berada di bukit tersebut. Bukit ini berada di sisi kiri pantai sementara sisi kanannya terdapat tanjung yang cukup eksotis.

Homtrema RubrumMasuk ke kawasan pantai, pasir merah mudanya yang lembut akan menyapa anda. Sebenarnya warna pasir Pantai Pink juga berwarna putih. Namun serpihan terumbu karang berjenis Homtrema Rubrum membuat pasir pantai nampak berwarna merah muda. Hal ini dikarenakan terumbu karang tersebut cukup lembut dna berwarna merah. Pantai Pink juga cukup landai dan dangkal dengan arus yang tenang dan debur ombak yang kecil sehingga anda bisa berenang dengan aman di pantainya yang jernih. Sinar matahari yang mengenai dasar laut, memberikan anda pemandangan yang cukup menakjubkan mengenai kehidupan bawah lautnya. Anda bisa melakukan snorkeling untuk menjelajah dan berkenalan lebih dalam dengan penghuni Pantai Pink, seperti anemon, nudibranch ataupun bintang laut.

perahu nelayan pantai tangsiNamun sayangnnya, pantai yang indah ini tidak memiliki fasilitas pariwisata yang memadai. Begitu pula dengan akses jalannya yang sulit dijangkau. Hanya ada perahu nelayan dan sejumlah warung makanan dan minuman yang dibuka oleh penduduk sekitar. Pantai Pink Lombok bisa dijangkau dari Kota Mataram dengan lama perjalanan sekitar 2 jam. Pantai memiliki rute yang sama dengan Pantai Tanjung Ringgit dengan pintu masuk 1 kmk sebelum Pantai Tanjung Ringgit. Nikmati eksotisnya pasir merah muda sembari melihat sejarah masa lampau hanya di Pantai Pink Lombok.

Refrensi:

http://www.1001wisata.com/pesona-pasir-merah-muda-di-pantai-tangsi/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *