Pasar Seni Sayang-Sayang, Pusat Kerajinan Lombok

pasar seni sayang-sayangKawasan Cakranegara bisa dibilang sebagai pusat berburu oleh-oleh di Lombok. Jadi anda yang tidak sempat mengunjungi desa-desa kerajinan di Lombok, bisa mendatangi kawasan ini untuk belanja oleh-oleh khas daerah ini. Selain Pasar Cakranegara yang ada di Jalan Selaparang, Mataram, masih ada satu lagi pasar di Cakranegara yang bisa anda kunjungi, yakni Pasar Sayang-Sayang yang berada di Kelurahan Rembiga, Kecamatan Selaparang, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman, Mataram. Sebagaimana Pasar Cakranegara, Pasar Sayang-Sayang juga menyediakan beragam benda seni hasil tangan-tangan kreatif masyarakat Lombok. Meski pasar ini sempat sepi  karena penutupan bandara selaparang, namun anda tetap bisa mengunjunginya. Jika anda menggunakan paket wisata ke Lombok, anda bisa request Pasar Sayang-Sayan sebagai salah satu destinasi yang anda kunjungi ketika di Lombok.

cukliYang menjadi nilai plus dan alasan untuk bertandang ke Pasar Sayang-Sayang ialah adanya kerajinan cukli di hampir setiap hiasan yang dijual. Cukli merupakan salah satu kerajinan tradisional khas Lombok yang terbuat dari potongan kerang putih. Potongan-potongan ini kemudian ditempelkan sebagai hiasan pada kerajinan lainnya, seperti kursi, meja, lemari, topeng kayu, dan lain sebagainya. Dengan sebagian besar kerajinan yang ditempeli cukli terbuat dari kayu yang berwarna cokelat kehitaman, menjadikan kerajinan berhiasan cukli nampak unik dan antik. Harga kerajianan ini pun beraneka ragam, bergantung dari jenis, bentuk, dan tingkat kesulitan dalam pembuatan cukli. Maklum, pembuatan kerajinan ini cukup panjang. Kerajinan yang telah dibuat ditempeli cukli kemudian dihaluskan untuk selanjutnya didempul. Setelah itu, kerajinan diplitur dan dicat agar semakin menarik. Sentra kerajinan cukli berada di Desa Rungkang Jangkuk yang sebelumnya juga memproduksi berbagai kerajinan antik berbahan pelepah pisang, kayu, dan aren pandan.

mutiaraSelain kerajinan cukli, anda juga bisa menemukan berbagai perhiasan mutiara khas Lombok di Pasar Sayang-Sayang. Perhiasan hasil kreasi warga Desa Sekarbela dijual di sini. Bagi anda yang tidak sempt bertandang ke Desa Sekarbela bisa membeli koleksi mutiara di pasar ini. Ada bros, kalung, gelang, cincin, anting, dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan juga bergantung dengan ukuran dan jenis mutiara yang digunakan. Perhiasan mutiara air laut jelas lebih mahal dibandingkan perhiasan berbahan mutiara air tawar. Selain itu kerumitan pembuatan perhiasan juga menjadi salah satu alasan perbedaan harga masing-masing perhiasan.

anyaman rotanKerajinan kayu juga menjadi salah satu primadona wisatawan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Di Pasar Sayang-Sayang anda juga bisa menjumpai berbagai patung kayu beraneka bentuk dan warna serta dengan beragam ukuran. Bagi anda yang suka mengkoleksi patung ataupun topeng kayu bisa berburu koleksi di pasar ini. Anda bisa berkeliling pasar untuk mendapatkan beragam bentuk patung dan topeng dengan berbagai pilihan harga. Ada pula koleksi anyaman rotan yang dijual di Pasar Sayang-Sayang, mulai dari koleksi tas, tempat tisu, tudung saji, ataupun keranjang sampah. Jadi bagi anda yang menyukai barang-barang tradisional ataupun vintage, bisa berbelanja oleh-oleh di Pasar Sayang-Sayang. Pasalnya pasar yang hanya berjarak 6 menit dari Pasar Cakranegara ini juga menjual sejumlah makanan khas Lombok, seperti manisan tomat, rumput laut, madu lebah putih, kacang lilit, dan lain sebagainya.

Refrensi:

  • http://www.diskoperindag.mataramkota.go.id/pasarseni.php#
  • https://mataramartzone.wordpress.com/author/pasarsenisayangsayang/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *