Pasir Putih Pantai Selong Belanak

pantai selong belanakMain di pantai selama di Lombok memang gak ada bosan-bosannya. Alamnya yang masih alami membuat siapa saja yang berlibur ke sana  betah berlama-lama. Masing-masing pantai juga menawarkan keunikan dan pesonanya sendiri-sendiri. Pantai-pantai yang  indah di Lombok bukan hanya pantai yang ada di Gili ataupun yang ada di kawasan Senggigi saja. Pasalnya di Lombok Tengah juga ada pantai yang tak kalah indah yakni Pantai Selong Belanak. Di pantai ini anda akan dibuat takjub dengan luasnya pasir putih yang dimiliki. Wah … bakal leluasa bermain-main di pasirnya dong. Ngajak si kecil buat berlibur ke sana buat menghabiskan weekend, lumayan seru juga loh. Cek yuk apa aja yang bisa dilakuin selama di Pantai Selong Beranak.

Jalan umum ke Pantai Selong BelanakNama Pantai Selong Beranak didasarkan pada lokasi pantai tersebut berada, yakni Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. Lokasi pantai ini memang cukup tersembunyi dan cukup jauh dari pusat Kota Mataram, kurang lebih sekitar 60 km ke arah selatan Mataram. Perjalanan ke sini juga tidak mudah, meski akses jalannya sudah cukup bagus. Anda akan melewati jalanannya yang berliku dan terjal serta naik turun bukit pada 15 km perjalanan terakhir menuju pantai. Sebelum sampai di Selong Belanak, terlebih dahulu anda akan melalui Desa Mangkung. Tak heran jika pantai ini hanya ramai di pada musim liburan.

keindahan-pantai-selong-belanak-lombokNamun dengan tak banyaknya pengunjung di Pantai Selong Belanak ternyata membawa keuntungan tersendiri. Kealamian alamnya berpadu dengan kesunyian dan ketenangan yang ditawarkan bisa menjadi pilihan untuk anda yang menginginkan suasana romantis ataupun menenangkan diri. Semakin seru karena kebersihan Pantai Selong Beranak cukup terjaga. Sebagaimana pantai yang ada di Pulau Sumbawa dengan garis pantai yang panjang, demikian pula dengan Pantai Selong Beranak yang memiliki garis pantai hingga 1 km dan memiliki bentuk melengkung layaknya bulan sabit. Sementara jarak bagian bawah pantai yang berpasir dengan bibir pantai mencapai 15 meter yang membuat area pasir pantai nampak luas. Jadi anda bisa leluasa bermain-main di pasirnya ini. Pasir Pantai Selong Beranak cukup lembut dan bisa anda jelajahi dengan bertelanjang kaki. Rasakan bagaimana kelembutan pasirnya menyentuh kaki anda. Anda dan teman-teman ataupun keluarga bisa melakukan olahraga pantai, seperti voli pantai, sementara anak-anak anda bermain-main di pasir. Anda juga bisa bersantai sembari berjemur dengan menggelar tikar di atas pasirnya, menikmati jernihnya Pantai Selong Belanak dengan gradiasi warna biru dan hijau tosca.

Pantai Selong Belanak LombokPantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia ini masih cukup aman bagi anda dan buah hati untuk berenang, asal tidak terlalu ke tengah. Anda juga bisa menyewa perahu nelayan untuk membawa anda ke tengah pantai dan mulailah memancing. Pasalnya pantai ini juga menjadi pantai nelayan dengan pemukiman nelayan yang berada di sisi selatan pantai. Ombak Pantai Selong Belanak sebenarnya cukup menantang dijelajahi dengan papan surfing. Karena pantai ini memiliki ombak yang cukup besar di sisi barat dan gelombang ombak berkekuatan sedang untuk sisi yang lainnya. Hanya saja dengan keberadaan perahu nelayan yang ada di sekitar pantai mengurangi keleluasaan bermain.

kuliner pantai selong belanakSelain melakukan aktivitas pantai, anda juga bisa menyaksikan kehidupan nelayan Selong Belanak yang cukup sederhana. Para nelayan nampak sibuk merapikan ataupun memperbaiki jala dan perahu mereka dan istri-istri mereka asik membakar ataupun menjemur ikan. Sementara para anak-anak membantu orang tua meraka dengan mengambil air tawar. Penduduk Selong Belanak juga cukup ramah yang akan membuat anda betah berlama-lama. Meski tak banyak fasilitas wisata di Pantai Selong Beranak namun di sekitar pantai bisa anda temukan sejumlah rumah makan yang menayikan berbagai olahan ikan segar, seperti dibakar ataupun disate. Ada pula sejumlah fasilitas penginapan yang disediakan  pengunjung atapun villa yang bisa anda gunakan untuk akomodasi. Namun biar lebih mudah, anda bisa menggunakan paket perjalanan wisata ke Lombok yang mengatur wisata anda ke sejumlah destinasi wisata menarik di Lombok.

Refrensi:

  • http://www.indonesiakaya.com/kanal/detail/pantai-selong-belanak-pantai-dengan-jenis-dua-ombak
  • http://id.lombokindonesia.org/pantai-selong-belanak-lombok/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *