Pasir Unik Pantai Tanjung Aan

tanjung-aan-lombok-island-indonesiaPantai di Lombok memiliki pasir yang cukup unik. Dengan butirannya yang besar, membuat pasir pantai di Lombok nampak seperti butiran merica. Namun di Pantai Tanjung Aan, bukan saja terlihat seperti merica namun juga memiliki dua warna. Karena lokasi pantainya berdekatan dengan Pantai Kuta, sekitar 3 km, tak heran jika kedua pantai ini memiliki kesamaan karakter. Pantai yang berjarak sekitar 7.5 km dari Kota Mataram ini sama-sama memiliki pasir merica layaknya Pantai Kuta dan menjadi salah satu lokasi Festival Bau Nyale.

festival-bau-nyale-605x400Festival Bau Nyale dilakukan oleh penduduk Sasak, pada umumnya dan masyarakat Lombok pada umumnya, diadakan setiap tahun pada bulan Februari atau Maret . Dalam festival ini, para penduduk berburu cacing laut yang juga banyak dijumpai di pantai ini. Festival Bau Nyale diselenggarakan untuk penghormatan kepada Putri Mandalika yang menjelma menjadi cacing usai terjun ke laut demi menghindari peperangan antar kerajaan karena banyaknya pangeran yang mengincarnya. Festival ini dilakukan pada saat subuh sebagaimana waktu ketika sang puteri dan para pangeran berkumpul di pantai.

surfer di pantai tanjung aanMeski bertetangga dan memiliki beberapa karakter yang sama dengan Pantai Kuta, di sekitar Pantai Tanjung Aan tidak memiliki fasilitas pariwisata, seperti akomodasi. Namun pantai yang berada di selatan Pulau Lombok ini tetap patut dikunjungi karena memiliki pesona yang tidak kalah indah dengan Pantai Kuta. Pantai Tanjung Aan memiliki ombak yang cukup besar lantaran berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Dengan tipe ombak yang dimiliki, Pantai Tanjung Aan bisa menjadi salah satu pilihan untuk melakukan olahraga selancar. Apalagi pada sore hari volume air laut Pantai Tanjung Aan cenderung besar yang semakin menambah keseruan dalam bersurfer ria. Meski demikian, pantai ini masih ckukup aman untuk digunakan berenang karena di pagi dan sore hari, ombak pantainya tak terlalu besar.

pasir-pantai-tanjung-aanPantai Tanjung Aan memiliki air laut yang jernih dengan gradiasi warna biru dan hijau. Kejernihan airnya berpadu dengan pemandangan sekitar yang menakjubkan, mulai dari perbukitan hingga pasirnya yang cukup unik. Dua buah jenis pasir mengisi sepanjang 2 km garis pantianya. Selain pasirnya yang berwarna putih tulang dengan butiran besar layaknya merica, Pantai Tanjung Aan juga memiliki pasir dengan butiran yang cukup lembut dan berwarna putih bersih. Pasir merica berada di sisi kiri pantai sedangkan pasir yang lembut berada di sisi kanan. Diantara kedua pasir tersebut terdapat batu karang yang seolah memisahkan kedua pasir itu agar tidak tercampur. Dari atas batu karang inipula, anda bisa melihat pemandangan pantai secara leluasa.

pantai tanjung aanPantai Tanjung Aan juga memiliki beragam jenis ikan yang bisa anda pancing. Anda bisa duduk di atas batu karang sembari melemparkan umpan dan menunggu ikan-ikan berebut pakan anda sebelum akhirnya tertangkap. Ikan-ikan ini bisa anda bakar dan menjadi teman yang pas untuk menikmati keindahan dan ketenangan pantai. Perbukitan yang mengelilingi pantai semakin menambah keindahan pantai. Dengan tidak adanya deretan rumah penduduk, semakin menambah ketenangan Pantai Tanjung Aan. Hanya ada sejumlah restoran yang bisa anda kunjungi untuk menikmati Anda bisa bersantai sembari menikmati segarnya es kelapa muda. Meski demikian, di sekitar pantai Tanjung Aan terdapat kamar mandi yang bisa anda gunakan untuk membasuh diri usai bermain-main di pantai. Nikmati semua keindahan da ketenangan yang ditawarkan oleh Pantai Tanjung Aan.

Refrensi:

http://www.1001wisata.com/pantai-tanjung-aan-dengan-pasir-uniknya/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *