Pesona Air Terjun Tiu Kelep

Air terjun tiu kelepPulau Lombok tidak hanya memiliki pantai yang menakjubkan dan masih alami sebagai tujuan wisata airnya. Namun juga memiliki sejumlah air terjun dengan pemandangan yang tak kalah indah. Terutama untuk daerah yang berada di bawah kaki Gunung Rinjani.

Seolah mereka yang hendak menaklukan gunung berapi yang masih aktif tersebut dimanjakan dengan pemandangan indah sejak pertama kali menyusuri jalanan untuk sampai di sana hingga sekembalinya dari puncak Rinjani.

Nah jika sebelumnya kita telah membahas mengenai Air Terjun Sendang Gile, kini kita akan membahas mengenai Air Terjun Tiu Kelep yang berlokasi tak jauh dari Air Terjun Sendang Gile, tepatnya di atas Air Terjun Sendang Gile dan masih dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjan.

tiu-kelepAir Terjun Tiu Kelep berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Sebagaimana dengan Air Terjun Sendang Gile, sumber air dari Air Terjun Tiu Kelep ini pun berasal dari Danau Segara Anakan. Nama Air Terjun Tiu Kelep berasal dari bentuk air terjun tersebut. Dalam bahasa Sasak, kata tiu berari kolam sementara kelep bermakna terbang.

Nama ini diberikan karena melihat Air Terjun Tiu Kelep memiliki terjunan yang cukup deras dan besar yang langsung jatuh ke kolam yang ada di bawahnya. Begitu besar dan derasnya sehingga buih-bih air terjun tersebut sampai terlempar hingga ke sisi luar yang membuatnya nampak seperti terbang. Karenanya meski anda masih berada di tepi kolam namun anda bisa merasakan kesegaran dari Air Terjun Tiu Kelep.

Banyaknya butiran airnya yang beterbangan dan berpadu dengan sinar matahari sehingga seolah muncul pelangi di ujung air terjun tersebut. Lebih segar lagi kala anda menceburkan ke dalam kolamnya yang tak terlalu dalam, hanya sepinggang orang dewasa. Rasakan kesegaran air yang mengena tubuh anda yang terjun dari ketinggian 42 meter.

Namun anda tidak perlu khawatir kesakitan kala terkena terjunan airnya, karena kondisi air terjun yang bertingkat sehingga meski alirannya deras dan besar namun tidak sesakit kala terkena tubuh. Anda juga bisa berenang di kolamnya karena dasar kolam yang lembut dan datar cukup aman digunakan untuk berenang.

Menurut masyarakat sekitar, mandi di Air Terjun Tiu Kelep bisa membuat awet muda. Jadi kalau anda yang ingin terus awet muda jangan lewatkan untuk mengunjungi Air Terjun Tiu Kelep dan mandi di sana 😉

pintu masuk menuju air terjunUntuk menuju ke Air Terjun Tiu Kelep, hampir sama dengan Air Terjun Sendang Gile.

Jarak dari kota Mataram ke air terjun ini sekitar 60 km dengan lama perjalanan mencapai 2 hingga 3 jam. Untuk rutenya sendiri ada dua pilihan, yaknu melalui Hutan Pusuk dan yang kedua melalui Pantai Senggigi.

Karena tidak ada transportasi umum, menggunakan paket tour Lombok adalah pilihan yang tepat karena anda tidak perlu memikirkan transportasi ataupun akomodasi. Menggunakan paket tour Lombok juga lebih murah dibandingkan harus menyewa mobil yang biasanya ditemukan di Mataram ataupun Cakranegara.

Selain itu akses jalannya yang kurang baik, dengan kondisi jalan setapak berbatu, menembus hutan, menyusuri sungai , dan melewati jalanan yang naik turun cukup berbahaya jika dilakukan tanpa pengalaman. Namun jika menggunakan paket wisata, maka guide akan membantu anda untuk menempuh medan tersebut.

tangga menuju air terjun tiu kelepSetibanya di Desa Senaru, anda masih perlu berpetualang kembali untuk sampai di lokasi air terjun dengan melakukan trekking melewati tangga yang cukup curam dan berlumut.

Di ujung tangga terebut terdapat dua belokan dimana untuk ke kiri menuju Air Terjun Sendang Gile dan yang kanan menuju Air Terjun Tiu Kelep. Kurang lebih waktu yang dibutuhkan untuk melakukan trekking tersebut sekitar 1 jam.

Memang bukan usaha yang mudah untuk bisa mencapai Air Terjun Tiu Kelep. Namun dengan semua keindahan yang ditawarkan, semua usaha keras dan petualangan tersebut pantas untuk dilakuakan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *