Pesona Alam Di Kaki Gunung Rinjani

sembalun lawangGunung Rinjani merupakan salah satu gunung di Indonesia yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan. Bahkan gunung ini juga disebut-sebut sebagai spot terbaik untuk melihat keindahan gunung. Tak heran jika kemudian banyak pecinta alam yang melakukan penaklukan ke gunung ini. Namun ternyaata keindahan Gunung Rinjani tidak hanya bisa dinikmati dari atas ketinggian puncaknya ataupun sekitaran gunungnya saja. Di sekitar kawasan Gunung Rinjani pun juga menawarkan hal yang sama. Di kaki Gunung Rinjani beragam pesona alam dapat anda nikmati, mulai dari keindahan Air Terjun Jeruk Manis hingga keindahan desa-desa di kaki Gunung Rinjani yang menjadi spot pendakian ke Gunung Rinjani, Desa Sembalun Lawang dan Sembalun Bumbung. Masing-masing desa yang berada di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur ini memiliki keunikan tersendiri yang semakin menambah daya tarik keduanya.

sembalun lawang1Desa Sembalun Lawang berada di ketinggian 1.156 mdpl sehingga suasana di sekitar desa tersebut cukup sejuk. Dengan suhu udara yang dimiliki, Desa Sembalun Lawang menjadi spot yang paling dimonati sejumlah pendaki untuk memulai titik awal penaklukan Gunung Rinjani. Desa dengan luas mencapai 17.609 km² ini banyak potensi alam yang bisa anda saksikan. Pemandangan hijau yang menyelimuti desa ini semakin menambak kesejukan di Desa Sembalun Lawang. Bahkan pemandangan ini telah anda jumpai sejak menempuh perjalanan selama 4 jam dari Kota Mataram dengan melewati jalanan aspal yang berkelok melalui hutan dan ladang pertanian. Dari kejauhan nampak keindahan laut Gili Trawangan turut menemani perjalanan anda.

sembalun lawangSesampainya di Desa Sembalun Lawang anda akan disambut dengan suasana khas pedesaan. Nampak para petani mengolah tanah mereka secara tradisional dan mengisinya dengan berbagai sayuran. Tidak hanya sayuran, namun Desa Sembalun Lawang juga memiliki beragam hasil pertanian lainnya, seperti padi, bawang merang, bawang putih, jagung, hingga kopi. Bahkan desa ini juga menjadi salah satu penyedia komoditi pertanian terbaik di negara ini. Selain pepohonan dan berbagai komoditi pertanian yang menghiasi desa ini, namun anda juga bisa melihat tebing-tebing batu dengan kemiringan hingga 90º yang mengelilingi desa. Tebing batu ini berasal dari muntahan lava Gunung Rinjani sejak ratusan tahun yang lalu. Nampak rumput dan lumbut menghiasi dinding batu tersebut yang semakin menambah kecantikan Desa Sembalun Lawang. Dengan banyaknya tumbuhan hijau di sini, anda bebas mengisi paru-paru anda dengan udara bersih sebanyak-banyaknya.

sembalun-lawangAlam Sembalun Lawang yang hijau dengan hiasan bebatuan alam yang unik semakin indah denagn keberadaa buki-bukit yang mengelilingi desa. Semua keindahan alam yang ditawarkan oleh Desa Sembalun Lawang akan membuat anda betah berlama-lama di sini. Desa ini juga menjadi lokasi yang pas bagi anda untuk mendapatkan gambar matahari terbit sekaligus matahari terbenam dengan latar belakang Gunung Rinjani. Jadi bukan hanya karena suhu udaranya yang sejuk yang menjadikan desa ini sebagai pintu masuk menuju Gunung Rinjani namun juga karena alamnya yang cantik. Desa ini juga menjadi tempat singgah dan beristiraha bagi mereka yang hendak ke Gunung Rinjani. Kerenanya Sembalun Lawang memiliki Posko Rinjani Information Center sebagai tempai informasi dan pendaftaran para pelaku. Berbagai home stay dan penginapan juga dengan mudah anda temukan di sini.

pertanian sembalunStaminya yang kuat, mutlak anda perlukan selama anda menuju ke Desa Sembalun Lawang. Selain itu, jangan lewatkan untuk membawa kamera ya … dan abadikan semua keindahan Sembalun Lawang dalam jepretan anda. Puas mengelilingi dan mengagumi keindahan Desa Sembalun Lawang jangan lewatkan untuk berbelanja hasil pertanian penduduk Sembalun Lawang, terutama komoditi bawangnya yang terkenal.

Refrensi:

  • http://www.koran-jakarta.com/?2217-eksotisme-sembalun-lawang-di-kaki-gunung-rinjani
  • http://www.indonesia.travel/id/destination/802/desa-sembalun-lawang

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *