Pesona Pantai Tanjung Luar, Si Pantai Nelayan

pasir-pantai-tanjung-luar-lombok-timurLombok menyimpan banyak pantia yang bisa dikunjungi, terutama di daerah Lombok Timur dimana pantai-pantainya membentang dari selatan hingga ke utara. Namun mengunjungi pantai di Lombok Timur, travelers tidak hanya akan dimanjakan dengan pemandangan bentangan laut yang masih alami dan menakjubkan namun juga sejumlah aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat sekitar. Sebagaimana yang bisa ditemui di Pantai Tanjung Luar dengan desa nelayannya. Pantai ini cukup populer di masyarakat lokal karena menjadi sentra penghasil ikan di Lombok. Karenanya pantai ini menjadi tempat pelelangan ikan terbesar di Lombok yang didukung dengan keberadaan Pasar Tanjung Luar yang berlokasi tak jauh dari pantai dan berfungsi sebagai tempat jual-beli ikan-ikan hasil tangkapan para nelayan.

tanjung-luarPantai Tanjung luar berada di Desa Tanjung Luar, Kecamatan Keruak, Lombok Timur. Pantai ini berjarak sekitar 15 km dair pusat kota Selong dan hanya 10 km dari Pantai Labuan Haji. Pantai ini masih cukup alami karena belum banyak wisatawan yang bertandang ke sana selain para nelayan dan juga para penjual serta pembeli ikan. Pantai Tanjung Luar memang dianugerahi dengan kekayaan laut yang luar biasa dan menjadi tumpuan hidup keluarga nelayan yang tinggal di sekitar pantai. Pada pagi hari, sekitar pukul 5 pagi, travelers bisa menikmati pemandangan para nelayan yang baru pulang dari melaut. Kedatangan mereka telah ditunggu bagiakan pahlawan, bukan hanya bagi keluarga mereka namun juga bagi para pembeli. Usai ikan-ikan hasil tangkapan mereka diturunkan, kemudian dibawa ke tempat pelelangan ikan untuk diburu para pembeli. Beragam ikan bisa ditemui di sini, mulai dari udang, kerang, kepiting, tiram, cumi-cumi, sotong, gurita, tengiri, pari, tongkol, hingga baronang.

tanjung-luar-lombok1Sejumlah ikan-ikan dengan kualitas ekspor juga ditemui di sini seperti ikan Krapu, ikan traveli, cakalang, marlin dan juga tuna. Beberapa dari ikan tuna tersebut ada yang dijual dengan berupa potongan dengan harga yang cukup variatif. Bahkan para nelayan ini juga terkadang membawa pulang ikan hiu yang mereka dapatkan dari berburu hingga mencapai ke perairan lepas Samudera Hindia. Ada sekitar 40 kapal nelayan yang secara khusus menjadi kendaraan untuk berburu ikan hiu. Biasanya para nelayan menangkap ikan hiu jenis loreng, kejen, lonjor, dan tikus. Ada sejumlah pembeli yang memesan secara tetap ikan-ikan yang masuk dalam daftar ikan yang dilindungi tersebut. Bahkan sirip ikan hiu tersebut juga diekspor hingga ke Hongkong. Keseluruhan ikan-ikan tersebut tidak hanya dijual dalam kondisi masih segar namun juga ada yang telah diasinkan. Karenanya bagi para keluarga nelayan Tanjung Luar, kesibukan di siang hari yang mereka lakukan ialah menjemur ikan-ikan tersebut.

tanjung-luar-lombokSelain menyaksikan kesibukan para nelayan dan juga ramainya Pasar Tanjung Luar, jika beruntung travelers bisa menyaksikan upacara Nyalamak Dilau atau yang juga dikenal dengan nama Nyalama Palabuang dan berlangsung pada bulan Muharram kalender hijriah. Upacara ini dilakukan dalam rangka selamatan laut sebagi bentuk ucapan rasa syukur dan harapan untuk mendapatkan hasil laut yang tetap melimpah. Upacara ini telah berlangsung secara turun-temurun oleh masyarakat Suku Bajo sejak 400 tahun yang lalu. Upacara ini berupa mengapungkan kepala kerbau yang telah dipotong 3 hari sebelum acara dengan tanduk dan giginya dihiasi emas sebesar 0,5 gram. Selanjutnya kepala kerbau tersebut ditutup dengan kain putih dan dengan dua sampan yang disatukan kepala kerbau tersebut di bawah ke tengah laut. Ratusan perahu penduduk ikut mengiringinya dengan memainkan gendang, gong, dan juga seruling. Begitu tiba di batu karang yang berada di tengah laut, sang pawang atau yang juga disebut dengan Sandro Daeng Abas melepas kepala kerbau tersebut. Pemilihan tempat batu karang sebagai lokasi upacara memiliki filosofi bahwa karang-karang yang ada di laut tak boleh dirusak karena sebagai habitat para ikan. Biasanya para nelayan baru bisa melaut kembali setelah tiga hari upacara tersebut dilangsungkan.

pantai tanjung luarDengan semua kekayaan pesona yang dimiliki oleh Pantai Tanjung Luar menjadikan pantai ini patut untuk masuk dalam daftar wisata lombok anda. Bukan hanya mendapatkan ikan yang berlimpah namun juga bisa berwisata budaya sambil menikmati keindahan alamnya yang menakjubkan. Pasir pantainya yang berwarna hitam berpadu dengan jernihnya air laut. Jika ingin memancing juga bisa dengan memanfaatkan banguanan bekas pelabuhan sebagai tempat memancing. Pohon kelapa yang berayun karena tiupan angin semakin memberikan kesejukan suasana santai sore di pantai ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *