Pulau Rinca, Rumah Lain Komodo

pulau rincaTaman Nasional Komodo memang menjadi rumah yang nyaman bagi kehidupan si kadal besar, komodo. Areanya pun tersebar cukup luas di sekitar pulau-pulau kecil di Nusa Tenggara Timur, dan tak hanya terbatas di Pulau Komodo yang menjadi daerah asal hewan purba tersebut. Salah satunya adalah Pulau Rinca yang meski kecil namun memiliki populasi komodo yang lebih banyak dibandingkan di Pulau Komodo yang hanya 2.126 ekor. Dengan luas pulau yang hanya 19 hektar saja, tempat ini menjadi tempat tinggal 2.318 ekor komodo. Jadi jangan hanya ke Pulau Komodo saja kala melakukan tour Flores, sambangi pula Pulau Rinca yang menjadi rumah lain para komodo. Komodo-komodo yang ada di Pulau Rinca memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan yang ada di Pulau Komodo yang disebabkan oleh komodo Pulau Rinca merupakan generasi kedua dari komodo di Pulau Komodo. Sebagian komodo yang ada di Pulau Komodo berpindah ke Pulau Rinca dan membentuk kelompok baru di sana. Meski kecil, namun komodo di Pulau Rinca cukup lincah dan lebih agresif sehingga pengunjung harus ekstra waspada.

rinca3Secara administratif Pulau Rinca berada di dalam kawasan Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Lokasinya bersebelahan dengan Pulau Flores dengan Selat Molo sebagai pemisah. Karenanya pulau kecil ini tak terlalu jauh dari Labuan Bajo dengan lama perjalanan hanya 2 jam dengan menggunakan kapal. Setibanya di dermaga Loh Buaya, dermaga yang ada di Pulau Rinca, telah nampak patung komodo dengan tinggi sekitar 3 meter yang seolag menyapa siapa pun yang bertandang ke sana. Suasana nampak begitu terik dan panas. Dari dermaga perjalanan dilanjutkan menuju pos penjagaan yang merupakan tempat pendaftaran untuk masuk ke Pulau Rinca. Selain itu tempat tersebut juga menjadi tempat para ranger atau pemandu berkumpul. Suasana berbeda bisa dijumpai di pos penjagaan ini dimana suasana hijau menyapa anda yang berasal dari pohon bakau yang ada di sekitar pulau.

rinca1-gerbangUsai melakukan pendaftaran, pengunjung akan mendapatkan briefing dari ranger mengenai apa-apa saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan penjelajahan di Pulau Rinca. Selain itu ranger juga akan menunjukkan jalur-jalur yang akan dilalui. Ada sejumlah larangan yang dipaparkan, seperti larangan untuk mendekati komodo. Jarak maksimal dengan komodo adalah 5 meter karena mereka memiliki penciuman yang tajam, meski berjarak 5 km. Dan bagi mereka yang datang bulan dilarang mengikuti tour karena komodo sangat tertarik dengan bau darah. Semua larangan ini  untuk keamanan dan kenyaman dalam perjalanan ke Pulau Rinca. Jadi untuk yang datang bulan bisa tinggal di pos penjagaan dan melihat komodo dari sana.

komodo pulau rincaLarangan lain yang juga harus diperhatikan oleh para pengunjung adalah untuk tidak memberikan makanan secara langsung kepada para komodo. Ketika melihat komodo yang bergerak mendekat sebaiknya pengunjung tidak berlari ataupun melakukan berbagai gerakan agresif lainnnya karena bisa memicu para komodo untuk semakin mendekat. Selain itu pengunjung sebaiknya tetap berjalan di dalam rombongan demi menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Para ranger tidak hanya bertugas memimpin tour namun juga harus sigap melindungi anggota rombongan. Jadi anda tidak perlu khawatir karena mereka akan dengan sigap melindungi anda. Selain itu anda juga akan dihibur oleh atraksi dari para ranger dengan sengaja memancing komodo untuk mengejarnya melalui daging yang disodorkan ke komodo namun dalam posisi terikat di kayu. Atraksi lainnya adalah melihat para komodo yang dengan lincahnya memanjat pohon.

komodo-pulau-rincaUntuk rute treknya ada beberapa pilihan yang bisa dippilih anggota tour, mulai dari yang pendek hingga yang panjang. Untuk yang sudah terbiasa bertualang bisa memilih trek panjang sementara untuk yang pemula bisa memilih trek pendek dan sidang. Masing panjang trek antara 2-8 km dengan lama waktu antara 1-3 jam. Tak hanya menikmati pemandangan para komodo yang berkeliaran secara bebas, ada pula sejumlah hewan liar lainnya seperti babi hutan, kerbau, dan para burung. Keberadaan hewan-hewan ini memang untuk menjaga ekosistem dari populasi komodo sendiri. Pengunjung bisa menikmati pemandangan para komodo yang sedang beraktivitas dan juga lubang tempat tinggal komodo sedalam 2 meter. Jika anda datang di antara bulan Mei-September anda bisa menyaksikan para komodo yang sedang kawin. Dan disepanjang tour anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Untuk melihat keindahan pulau secara keseluruhan, anda bisa meminta untuk melintasi bukit dalam tour anda.

pulau-Rinca (1)Jadi anda jangan puas dulu melihat komodo di Pulau Komodo karena Pulau Rinca menawarkan hal yang tak kalah indahnya. Untuk berkunjung ke Pulau Rinca jangan lupa membawa bekal ya karena tidak ada penjual apa pun di sana. Selamat berpertualang travelers, salam buat komodo Pulau Rinca ya 🙂

Refrensi:

http://www.1001wisata.com/berkunjung-ke-rumah-kedua-komodo/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *