Pura Taman Mayura yang Kaya Sejarah

pura_taman_mayuraMeski berjuluk Pulau Seribu Masjid namun bukan berarti Lombok tidak memiliki peninggalan yang menunjukkan pengaruh Bali di pulau ini. Ada sejumlah pura yang masih bisa dijumpai di Lombok, meski mayoritas penduduknya beragama Islam. Pura-pura ini menyimpan sejarah dan menunjukkan bagaimana pengaruh agama Hindu Bali di pulau ini. Salah satu pura yang wajib anda kunjungi ketika berada di Lombok adalah Pura Taman Mayura. Pura ini tidak hanya memiliki pemandangan yang indah namun juga menyimpan banyak sejarah, mulai dari bukti penguasaan Kerajaan Bali di Lombok hingga alasan nama pura tersebut.

temple-mayura-lombokNama pura ini berasal dari bahasa sanksekerta, mayura yang bermakna burung merak. Namun sebelum membahas mengenai nama ini, terlebih dahulu kita perlu mencari tahu nama awal pura ini. Pura Taman Mayura sebelumnya bernama Taman Kelepug yang berasal dari bunyi aliran air ketika jatuh di kolam, “klepug … klepug …”. Pura Taman Klepug ini dibangun ketika Bali masih berkuasa di Lombok, tepatnya Kerajaan Karangasem pada masa pemerintahan Raja A.A. Made Karangasem. Pura yang dibangung pada tahun 1744 ini kemudian direnovasi oleh raja selanjutnya, yakni Raja Anak Agung Ngurah Karangasem, di tahun 1866.

bale kambang pura taman mayuraSayangnya di Pura Taman Klepug kala itu banyak dijumpai ular yang membuat penduduk yang hendak bersembahyang di pura menjadi resah. Berdasarkan saran dari penasehat kerajaan, kemudian dipeliharalah beberapa ekor merak di area pura yang ternyata mampu mengusir ular-ular tersebut. Sejak saat itu, penduduk bisa tenang bersembahyang di pura dan nama Pura Taman Klepug pun menjadi Pura Taman Mayura. Sejumlah relief burung merak bisa ditemukan di pura dan menguatkan cerita tersebut.

istana-air-mayura-lombok-1Di pura yang dibangun pada area seluas 2 hektar ini, anda tidak hanya melihat kekuasaan Kerajaan Karangsem dan Kerajaan Mataram di Lombok, namun juga Kerajaan Singasari. Pluralisme telah ada sejak masa kerajaan kala itu yang dibuktikan dengan keberadaan Bale Kambang. Di bangunan terapung ini anda bisa menjumpai sejumlah patung dengan berbagai ciri. Patung bercirikan muslim berada di bagian barat bale hingga sisi bagian timur dan bersebelahan dengan linggih dengan corak Hindu Balinya yang kental. Sementara patung dengan ciri Cina dan Jawa berada di sisi yang lain. Bale ini digunakan sebagai temapt pertemuan dan menerima tamu kerajaan. Sedangkan pada masa penjajahan Belanda, Bale Kambang digunakan sebagai tempat pengadilan.

patung-menggambarkan-seorang-muslim-berdampingan-dengan-bangunan-hindu-di-dekat-istana-air-mayuraBale Kambang atau yang juga dikenal dengan sebutan Rat Kerte ini dikelilingi kolam. Sinar matahari yang memantul di atas kolam tersebut menambah indah suasana di sekitar Bale. Kesan asri juga nampak di pura ini dengan keberadaan taman-taman yang tertata rapi dengan pohon-pohon manggis yang mengelilinginya. Biasanya guide akan mengijinkan anda untuk memetik buah manggis di sini. Dengan semua keindahan yang ditawarkan Pura Taman Mayura, pengunjung biasanya lupa bahwa di sekitar pura ini masih ada sekomplek pura lain yang menambah kesan spiritual di sini. Pura-pura tersebut berada di hulu kolam dan terdapat roh area Mayura di sana. Kurang lebih ada sekitar 4 pura yang berada di komplek pura tersebut, yakni Pura Gunung Rinjani, Pura Padmasana, Pura Ngelurah, dan juga Pura Gedong atau Pura Jagad Rana yang menjadi tempat beribadah umat Hindu dari penjuru dunia.

pura taman mayuraMeski anda tidak beragama Hindu, anda masih bisa mengunjungi Pura Taman Mayura dan mempelajari sejarah di sekitarnya. Hanya pada saat perayaan umat Hindu, seperti Galungan ataupun Kuninga, pura ini ditutup untuk umum. Pura Taman Mayura berada tak jauh dari pertokoan Cakranegara dan hanya berjarak 15 menit dari pusat kota. Jadi jangan lewatkan untuk mengunjungi pura yang kaya akan sejarah ini.

Refrensi:

  • http://id.lombokindonesia.org/pura-mayura-lombok/
  • http://lombok.panduanwisata.id/wisata-religi/kekayaan-legenda-di-taman-mayura/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *