Sajian Ikan Bakar Di Pantai Nipah

Pantai NipahMenghabiskan liburan akhir pekan di pantai tentu menyenangkan. Apalagi jika pantai tersebut masih bersih dengan pemandangan alami yang semakin memberikan kenyamanan dan ketenangan dalam berlibur. Sembari menikmati pemandangan pantai, sajian ikan segar yang dibakar semakin melengkapi suasana menyenangkan di libur akhir pekan anda. Jika minggu ini anda berencana untuk menghabiskan liburan anda di Pulau Lombok, salah satu pantainya, yakni Pantai Nipah, bisa menjadi pilihan yang pas bagi anda untuk kesemua hal tersebut. Meski masih belum seterkenal seperti Pantai Kuta ataupun Pantai Senggigi, namun pantai ini cukup ramai dikunjungi wisatawan lokal, terutama pada hari libur.

pantai dan bukit nipahLokasi Pantai Nipah tak terlalu jauh dari Pantai Senggigi, hanya sekitar 20 menit perjalanan. Pantai yang berada di Kecamatan Pemenang, Lombok Utara ini masih satu garis pantai dengan Pantai Malimbu dan Pantai Pandanan. Jarak masing-masing pantai ini juga cukup dekat, hanya sekitar 5-10 menit perjalanan. Meski belum terlalu booming, namun akses menuju Pantai Nipah sudah cukup baik, walaupun dengan kontur jalan yang berkelok dan bertebing curam. Jalanan aspal yang mulus serta angkutan umum banyak dijumpai untuk menuju ke sini. Di sepanjang perjalanan, pemandangan bukit yang hijau menjadi teman anda untuk menuju Pantai Nipah.

sunset pantai nipahPantai Nipah juga cukup mudah ditemukan. Selain lokainya yang berada di pinggir jalan utama, terdapat papan nama bertuliskan “Pantai Nipah” di sisi kiri jalan. Dengan mengikuti arah papan tersebut, anda bisa sampai ke Pantai Nipah yang memiliki karakteristik hampir sama dengan Pantai Malimbu. Deretan perahu nelayan akan menyapa anda begitu anda tiba di pantai yang oleh masyarakat sekitar disebut dengan nama Teluk Nipah ini. Deretan bukit yang bernama sama nampak mengelilingi Pantai Nipah semakin mempercantik keindahan pantai ini. Dari atas bukit ini, anda bisa menikmati pemandangan Pantai Nipah secara keseluruhan sekaligus menjadi salah satu spot terbaik untuk mendapatkan gambar matahari terbenam. Jadi anda yang menyukai landscape photograph, wajib datang ke Pantai Nipah.

ombak pantai nipahPantai Nipah memiliki ombak yang tak terlalu besar sehingga cukup aman bagi anda untuk berenang di sana. Air pantai ini juga cukup jernih bagaikan cermin, sehingga anda bisa memandangi dasarnya dengan mata telanjang. Kejernihan airnya berpadu dengan gradiasi warna airnya yang berwarna biru dan hijau keputihan. Di sore hari, warna jingga matahari akan terpantul di atasnya yang semakin menambah warna-warni Pantai Nipah. Karang-karang kecil nampak mewarnai pasir pantainya putih dengan bebatuan besar dan karang di sisi lain pantai. Dari Pantai Nipah, nampak keindahan Pulau Bali dengan Gunung Agungnya yang gagah.

sajian ikan bakar pantai nipahDiantara semua pesona Pantai Nipah, yang paling diminati wisatawan adalah sajian ikan bakar di sekitar pantai ini. Di sisi kiri dan kanan jalan sekitar Pantai Nipah diramaikan dengan keberadaan warung-warung yang menjual olahan ikan bakar. Ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan dibakar dan disajikan dengan nasi putih hangat dan sambal. Sambal yang digunakan biasanya sambal terasi dan sambal plecing kangkung. Menu ini semakin terasa nikmat dengan ditemani kesegaran es kelapa muda. Semilir angin pantai semakin meningkatkan nafsu makan anda. Pantai Nipah benar-benar lokasi yang pas untuk bersantap siang denagn bertemankan pemandangan yang menakjubkan. Jadi jangan lewatkan kunjungan ke pantai ini ya … happy weekend 🙂

Pantai NipahRefrensi:

  • http://www.intaninnhostel.com/pantai-nipah-sungguh-indah-sumpah/
  • http://www.indonesiakaya.com/kanal/detail/pantai-nipah-sisi-lain-keindahan-pantai-di-lombok
  • http://lombok.panduanwisata.id/pesisir-pantai/memandangi-sunset-di-pantai-nipah/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *