Segarnya Air Terjun Sendang Gile

Air_Terjun_Sendang_GilePuas menikmati kecantikan Gunung Rinjani dan pemandangan indah yang terlihat dari puncaknya, kini waktunya anda untuk menikmati kesegaran Air Terjun Sendang Gile. Air terjun yang juga ada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani ini terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Desa senaru merupakan salah satu titik untuk memulai perjalanan ke puncak Gunung Rinjani. Aliran Air Terjun Sendang Gile bersumber dari mata air kaki Gunung Rinjani. Air Terjun setinggi 31 meter ini sangat bersih dan alami. Karenanya airnya begitu jernih dan menyegarkan. Berada di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut membuat udara  di sekitar air terjun terasa begitu sejuk.

tangga turung air terjun sendang gila lombokAir Terjun Sendang Gile berjarak 60 km dari Kota Mataram atau sekitar 3 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Tidak ada kendaraan umum yang melintas ke sini. Ada dua pilihan rute yang bisa digunakan, yang pertama melalui Hutan Pusuk dengan kera-keranya dan yang kedua melalui Pantai Senggigi dengan pasir mericanya. Masing-masing rute menawarkan pemandangan yang sama-same menakjubak dan keduanya akan mengarah ke tempat yang sama, Desa Senaru. Dari Desa Senaru, anda masih harus menuruni 315 anak tangga dengan berjalan kaki. Anak tangga ini berada di sebuah lembah yang terjal. Dari lembah menuju air terjun dibutuhkan waktu 20 menit. Jauh memang, namun untuk melihat keindahan dan kesegaran Air Terjun Sendang Gile rasanya semua perjuangan itu tidak sia-sia. Namun anda tidak perlu khwawatir karena jalan pulang jauh lebih cepat. Ada jalan alternatif yang bisa digunakan dengan melewati lembah melalui sakuran irigasi yang berbahhan betnon setinggi 50 meter.

air terjun sendang gileAir Terjun Sendang Gile memiliki dua tingkatan. Air terjun yang pertama keluar dari atas tebing dan jatuh langsung ke kolam yang berada di bawahnya. Dari air kolam ini terbentuk air terjun yang kedua yang langsung jatuh dan mengalir membentuk sungai di bawahnya. Sungai tersebut cukup datar sehingga anda bisa menikmati mandi di bawah guyuran air terjun dengan aman dan nyaman. Mandi di Air Terjun Sendang Gile cukup segar, apalagi berpadu dengan suhu udara khas pegunungan. Meski terasa sakit dan dingin ketika air jatuh mengenai tubuh kita, namun bermain air di Air Terjun Sendang Gile cukup menyenangkan. Selain itu, menurut masyarakat setempat, Air Terjun Sendang Gile memiliki unsur magis. Wisatawan yang membasuh diri dengan Air Terjun Sendang Gile bisa akan terlihat satu tahun lebih muda dari usianya. Jadi menurut mereka air terjun ini bisa membuat awet muda.

imagesDalam cerita masyarakt setempat pula disebutkan bahwa nama Sendang Gile berasal ketika penduduk sedang mengejar singa gila yang merusak kampung dan menuju hutan. Saat itulah mereka meihat air terjun ini dan diberi nama Sendang Gile. Tak jauh dari Air Terjun Sendang Gile terdapat dua air terjun lain yang lokasinya sedikit ke hulu, yakni Air Terjun Tiu Kelep dan Batara Lejang. Untuk berwisata ke Air Terjun Sendang Gile anda hanay akan dikenai tiket masuk sebesar Rp 5.000 dan uang parkir. Agar anda tidak dibuat pusing dengan biaya yang kecil-kecil anda bisa mengikuti paket liburan ke Lombok. Di sekitar air terjun hanya ada penjual minuman ringan dan mie instan. Namun di area parkir anda bisa menemukan beragam penjual kuliner yang bisa anda pilih untuk mengisi perut anda setelah bermain di segarnya Air Terjun Sendang Gile.

Refrensi:

  • http://informasipanduanwisata.blogspot.com/2014/09/wisata-air-terjun-sendang-gile-di-lombok.html
  • https://sites.google.com/site/wisataairterjun/nusa-tenggara-barat/air-terjun-sendang-gila—lombok-utara

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *