Surga Gili Trawangan

gili-trawanganPulau Lombok kini menjadi salah satu dari ikon pariwisata di Indonesia. Pulau ini menawarkan keindahan yang menakjubkan dan budaya yang unik perpaduan dari budaya Bali dan Budaya Jawa. Keindahan tersebut tidak hanya berhenti pada keindahan Pulau Lombok saja namun juga mencakup keindahan pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya yang disebut dengan gili. Salah satu gili yang cukup terkenal di Lombok adalah Gili Trawangan. Gili ini termasuk gili yang terbesar dibandingkan ketujuh gili yang lain. Tak hanya sebagai gili terbesar, namun Gili Trawangan juga menjadi favorit wisatawan sehingga tak heran jika kini nama Gili Trawangan cukup mendunia. Fasilitas liburan yang ditawarkan di gili ini juga cukup lengkap, mulai dari akomodasi hingga berbagai tempat menarik untuk dikunjungi siang dan malam.

cidomoDengan luas mencapai 300 hektar dan populasi mencapai 800 jiwa, Gili Trawangan terlihat lebih memiliki aktivitas. Meski demikian, kawasan yang secara administrasi masuk dalam Desa Gili Indah, Pemenang, Lombok Barat ini cukup bersih dan bebas polusi. Keberadaan kendaraan bermotor di pulau kecil dilarang keras dan diganti dengan kendaraan ramah lingkungan, seperti sepeda dan cidomo yang merupakan kereta kuda khas Lombok. Tak heran jika udara di Gili Trawangan cukup sejuk dan tentunya suasana seperti ini tak akan anda jumpai di Bali. Keramahan Gili Trawangan tentunya tidak hanya ditujukan oleh alamnya yang indah namun juga penduduk yang ada di sana. Mereka begitu ramah dan murah senyum sehingga anda tidak perlu takut jika tersesat karena mereka dengan senang hati akan menolong anda.

pencuri di gili trawanganSelain itu keamanan anda juga cukup terjaga karena warga sekitar memiliki tradisi unik untuk para pelaku kejahatan. Para pelaku pencuri misalnya. Mereka akan mengajak “si pencuri” berkeliling dengan papan nama yang menunjukkan kejahatannya. Dan hal ini diterapkan kepada semua, baik warga ataupun wisatawan, termasuk wisatawan asing. Dan hal ini tidak hanya berdampak pada keamanan warga dan pengunjung namun juga berdampak pada kepercayaan wisatawan untuk berwisata kembali ke sini. Tentunya hal ini menguntungkan secara ekonomis. Gili Trawangan juga cukup dekat dengan dua gili lain yang tak kalah indah, Gili Mono dan Gili Air. Anda bisa menggunakan speedboat untuk bisa menjangkau kedua gili ini. Hal ini semakin menambah nilai plus Gili Trawangan.

Gili Island beach sceneGili Trawangan juga memiliki pantai yang indah, yang bernama sama seperti pulaunya. Pantai jernih berwarn biru bersih dan berpasir putih ini menghadap ke barat dan timur sehingga menjadi lokasi yang pas untuk melihat matahari terbit dan juga terbenam, memantulkan sinar kuning dan jingga di atas lautnya yang bening. Kejernihan lautnya, membuat anda bisa menelanjangi keindahan yang ada di dalamnya. Namun agar lebih leluasa, anda bisa melakukan snorkeling ataupun diving dan mencumbu alam bawah lautnya yang memukau. Berbagai spot diving yang tersedia di gili ini misalnya Shark Point, Coral Fan Garden, Trawangan Slope, dan masih banyak lagi. Ikan-ikan yang berenang ke sana ke mari dan terumbu karang warna-warni menjadi hiasan yang cantik untuk lautnya yang jernih. Arus lautnya juga cukup tenang sehingga anda bisa menikmati semua keindahan tesebut dengan aman. Glass bottom boat yang membawa anda ke gili ini juga akan menampilkan keindahan bawah laut Gili Trawangan dengan mata telanjang.

malam di central gili trawanganDi waktu tertentu anda juga bisa berkesempatan menyaksikan tradisi peresehan yang menggunakan tongkat dan ende atau perisai dari kulit sapi. Anda yang ingin menikmati dunia malam ala perkotaan, juga bisa menemukannya di Gili Trawangan. Berbagai bar yang ada di Central atau pasar seni di Gili Trawangan akan menyulap suasana tenang gili menjadi hingar bingar penuh dengan musik. Kios-kios yang ada di sekitarnya juga bisa anda manfaatkan untuk berburu oleh-oleh. Jadi tunggu apalagi. Segera datamgi Gili Trawangan, surga Pulau Lombok yang menakjubkan. Dengan alam yang indah, keamanan yang terjaga, dan fasilitas yang lengkap cukup menjadi alasan untuk menjadikan Gili Trawangan most wanted destination di Lombok. Biar makin seru liburannya, gunakan saja paket liburan untuk terhindar dari urusan sepele selama liburan seperti biaya makan, akomodasi, ataupun kesulitan transportasi.

Refrensi:

  • http://panduanwisata.net/gili-trawangan-tempat-wisata-yang-semakin-mendunia/
  • http://travel.detik.com/read/2012/05/28/125718/1926313/1025/8-alasan-mengapa-anda-harus-ke-gili-trawangan

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *