Tanjung Ringgit, Surga yang Tersembunyi

tanjung-ringgit-lombokPulau Lombok memang kaya dengan pantainya yang indah. Bahkan beberapa pantainya memiliki lokasi yang tertutup dinding tebing, namun tatkala menemukannya seolah melihat surga dunia yang tersembunyi.

Bukan hanya Tanjung Bloam saja yang menawarkan keindahan menakjubkan, namun Lombok masih memiliki Tanjung Ringgit yang menawarkan pesona yang sama. Meski untuk sampai ke sana dibutuhkan perjuangan yang lumayan keras, lantaran akses jalannya lumayan berat, namun semua setimpal dengan pemandangan yang ditawarkan.

Anda perlu berhati-hati selama perjalanan karena di beberapa ruas jalannya berlubang dan pada musim penghujan tertutup kubangan air.

Lokasi Tanjung Ringgit masuk dalam kawasan Kecamatan Jerowaru, diujung tenggara Pulau Lombok. Dari Mataram, Pantai Tanjung Ringgit berjarak lumayan jauh, sekitar 85 km.

tanjung-ringgit-1024x597Anda jangan tertipu dengan tebing-tebing cadas yang anda jumpai begitu tiba di Tanjung Ringgit. Meski penampakannya yang terpotong sehingga nampak membentuk jurang, namun di balik tebing-tebing inilah tersimpan keindahan yang akan membayar lunas perjuangan anda untuk mencapai ke sini. Seolah tebing-tebing tersebut memang dibuat Tuhan untuk menjaga keindahan dan kealamian dari Tanjung Ringgit.

Apalagi lokasi tebing-tebing cadas tersebut memang mengelilingi pantai. Hempasan gelombang laut yang menabrak dinding tebing meninggalkan buih-buih di bibir pantainya. Ombak Tanjung Ringgit memang cukup luas karena lokasinya yang berbatasan dengan Samudera Hindia.

Dari atas tebing, anda bisa melihat pemandangan Gunung Rinjani yang menjulang dan Pulau Sumbawa yang berada di sebrang lautan, yang nampak seperti lukisan alam yang begitu atraktif. Gradiasi warna lautan antara biru pekat, biru muda, sekaligus tosca nampak begitu mengagumkan dipandang dari atas tebing. Semua keindahan tersebut bisa anda abadikan dalam jepretan kamera.

Anda yang sedang mencari inspirasi bisa mendatangi tanjung ini karena keindahannya akan membuat pikiran anda lebih rileks sehingga sejumlah ide segar bisa anda temukan.

sunrise-di-tanjung-ringgitSelain pemandangan laut dan sekitar tebingnya, Tanjung Ringgit juga menawarkan pemandangan matahari terbit yang menakjubkan. Pemandangan matahari yang nampak malu-malu keluar dari balik kemegahan Gunung Rinjani sencara perlahan sebelum akhirnya dengan percaya diri yang tinggi menyinari keseluruhan Tanjung Ringgit. Karenanya jika anda ingin mendapatkan moment tersebut anda harus berangkat pagi-pagi demi mendapatkan pemandangan fajar yang cantik untuk kamera anda.

Sejumlah fotografer bahkan rela menginap di atas tebing agar tak ketinggalan pemandangan indah di pagi hari tersebut. Air lautnya juga nampak berkilau terkena pantulan cahaya matahari. Dengan bantuan sinar matahari, anda bisa menelanjangi pemandangan bawah lautnya yang memukau dengan sejumlah terumbu karang aneka warna dan ikan-ikan yang asik berenang diantara terumbu karang tersebut.

sumur di tanjung ringgitMemandangi Tanjung Ringgit dari atas tebing belum lengkap tanpa menikmati kesegaran pantainya. Karenanya anda harus berusaha dengan keras lagi untuk bisa sampai ke pantai. Sebuah jalan menurun yang cukup terjal harus anda lalui dengan ekstra hati-hati demi menghindari hal yang tak diinginkan.

Pasir pantai yang putih akan menyapa anda pertama kali begitu anda tiba di pantai, seolah memanggil anda untuk segera bermain di pantai. Jika anda ingin berenang, anda perlu untuk berhati-hati-hati karena derasnya ombak.

Namun ada beberapa titik yang bisa anda manfaatkan untuk melaksanakan snorkeling. Anda bisa bertanya pada nelayan sekitar dan menyewa perahu mereka untuk melihat kealamian alam bawah lautnya.

Biasanya para nelayan hanya mematok Rp 50.000 saja. Anda bisa menikmati museum alam mini dimana di dalamnya terdapat terumbu karang sejak mereka awal terbentuk hingga menjadi batu kapur. Yang lebih asik lagi pantai ini cukup sepi sehingga anda berasa seperti di pantai pribadi.

Goa-Jepang-Pantai-Tanjung-RinggitUniknya dibawah tebing batu cadas terdapat sumur yang memiliki air berasa tawar meski lokasinya berdekatan dengan pantai.

Selain itu diantara tebing-tebing tersebut juga terdapat sekumpulan goa-goa Jepang dimana salah satunya memiliki lokasi raksasa. Diantara goa tersebut juga terdapat meriam peninggalan para tentara Jepang. Dan rupanya sebelum tentara Jepang menggunakan Tanjung Ringgit sebagai pangkalan, tentara Belanda juga sebelumnya membangun mercusuar di sana dan masih berfungsi hingga saat ini.

Wah … Tanjung Ringgit benar-benar surga yang tersembunyi diantara tebing-tebing cadas yang sayang untuk dilewatkan. Untuk itu anda harus sesegera mungkin ke sana mumpung raga anda masih kuat. Anda bisa memakai jasa paket tour Lombok biar jalan-jalannya lebih gampang.

Refrensi:

Keindahan Tersembunyi Tanjung Ringgit

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *