Teluk Ekas, Secuil Surga dari Tanah Lombok

pantai teluk ekasGak peduli masih pertengahan minggu, gak ada salahnya dong buat prepare libur akhir pekan dari sekarang, iya kan travelers? Nah, buat akhir pekan ini gimana kalau pergi ke Lombok aja, ada surga lain yang menanti kamu di sana travelers. Jadi mumpung masih pertengahan minggu kamu bisa siap-siap nyari tiket pesawat murah buat ke sana. Sekalian juga cari buat akomodasinya ya, ada banyak hotel murah di Lombok yang bisa kamu gunain. Kalau mau bisa ikutan paket tour Lombok biar makin gampang, nyaman, dan gak pakek ribet libur akhir pekannya. Yang suka pergi ke pantai dan cari tempat yang tenang buat menenangkan diri, kayaknya tempat yang ini pas banget deh buat kamu travelers. Namanya Teluk Ekas, secuil surga lain yang tak kalah menakjubkan yang ditawarkan Pulau Lombok. Di sini travelers bisa memulihkan tenaga dan pikiran buat hadapi minggu depan lebih baik dan lebih semangat lagi. Tempatnya damai banget dan dijamin bikin kamu terbuai dengan keindahannya.

teluk ekas1Secara administrasi, Teluk Ekas masuk dalam wilayah Desa Ekas, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Kalau dari Mataram sih harus nempuh perjalanan sejauh 75 km ke arah tenggara. Paling enak sih pakek kendaraan pribadi karena gak banyak transortasi umum yang menjangkau tempat ini. Atau bisa juga sewa mobil, tapi yang paling enak sih emang ikutan paket tour Lombok, jadi gak perlu ribet nyari transportasi lagi. Buat rutenya, dari Mataram lanjut ke Cakranegara, Kediri, Praya, Mujur, Ganti, Keruak, Jerowaru, dan sampai deh di Ekas. Perjalanan yang panjang dan membutuhkan stamina yang kuat buat menjangkau Teluk Ekas karena memang lokasinya yang terpencil. Tapi gak masalah dong, demi melihat surga yang cukup menakjubkan. Belum lagi fasilitasnya yang serba terbatas dan di sini travelers bisa menemukan makna petualangan yang sesungguhnya.

nelayan teluk ekasDesa Ekas termasuk desa nelayan. Jadi sambil berwisata alam, di sini pun travelers bisa belajar mengenai kesederhanaan dari kehidupan para nelayan. Travelers pun bisa menikmati pemandangan aktivitas para nelayan. Dan yang paling menarik di sini ada sekitar 50-an pondok apung dengan sampan yang bersandar di sisinya. Pondok-pondok ini digunakan oleh para nelayan untuk menangkap udang maupun ikan kerapu yang banyak ditemukan di Teluk Ekas. Selain melihat aktivitas nelayan menangkap ikan ataupun pulang dari melaut, travelers juga bisa mengamati mereka yang asik membuat perahu ataupun sampan sederhana dengan cara yang sederhana juga. Sejumlah nelayan yang lain nampak asik membuat garam yang lagi-lagi masih dilakukan denga cara tradisional. Ada juga berugak atau gubuk yang kerap digunakan nelayan untuk memotong ikan sebelum kemudian dijadikan makanan ikan kerapu. Biasanya ikan-ikan ini dipasarkan di sekitar Lombok dan juga Bali. Travelers bisa membeli langsung ikan kerapu segar dari para nelayan untuk dibakar dan dijadikan teman bersantai menikmati indahnya Teluk Ekas.

teluk ekasSuasana yang ditawarkan Teluk Ekas tenang banget. Makanya tempat ini pas benget buat travelers yang sedang ingin menyepi. Di sepanjang Pantai Ekas sepanjang 600 meter, terhampar pasir putih yang begitu lembut. Rasakan kelembutannya dengan melepaskan alas kaki anda dan nikmati pijatan lembutnya yang menenangkan. Selain itu pantai ini diapit dengan dua tebing tinggi yang membuatnya nampak seperti huruf U. Ombak Pantai Ekas juga cukup tenang, jadi mau ngelakuin apa pun di sini bisa aman dan nyaman, mulai dari bermain air ataupun berenang. Mau snorkeling juga bisa loh travelers karena kealamiannya, pantai ini punya air yang jernih yang nyaman banget buat tempat tinggal para biota laut. Atau kalau mau menenangkan diri dengan memancing juga gak masalah travelers. Yang jelas, kalau mau nyari tempat yang tenang buat bersantai wajib bertandang ke Teluk Ekas 🙂

Refrensi:

http://id.lombokindonesia.org/teluk-ekas-lombok/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *